Jangan Banyak Mengeluh

Ketika pagi ini kita bercermin, yakinlah bahwa sosok yang kita temui dan lihat disana adalah diri kita yang sempurna. Tiada cacat. Tiada kurang. Ia tampan dan ia juga cantik. Tak perlu kita mempertanyakan mengapa kita berparas seperti itu, berwarna kulit ini atau bertubuh demikian. Hilangkanlah.

Kita telah dianugerahi sosok terbaik dari Yang Maha Kuasa, Allahu Rabbi; perlengkapan sempurna untuk menjalankan misi kita. Carilah kekuatan pada diri kita sendiri. Terlalu banyak orang yang takut pada bayangannya sendiri, sehingga mencari bayangan orang lain.

Kita hanya perlu mensyukuri apa yang ada pada diri kita sendiri, maka kita akan menemukan kekuatan yang tak terbayangkan. Nilai kita adalah apa yang kita karyakan, bukan apa yang kita keluhkan. Jadi, janganlah banyak mengeluh.

Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau, kata pepatah. Namun, rumput di halaman sendiri pastinya jauh lebih berharga. Karena kita merawatnya dengan perawatan terbaik.

Hidup ini bukan untuk mempersoalkan apa yang kita miliki, tetapi apa yang dapat kita lakukan dengan yang kita miliki. Hidup ini terlalu singkat untuk mencari semua jawaban, namun cukup untuk melakukan pekerjaan.

Jadi, berhentilah mengeluh. Pandanglah betapa sempurnanya kita. Jadilah kuat. Jadilah diri kita sendiri. Jadilah diri kita yang dapat menginspirasi orang-orang di sekitar kita.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

5Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *