Mengambil Tanggung Jawab

Dengan tanggung jawab, maka kendali akan datang. Hal-hal yang paling kita inginkan terima tanggung jawabnya adalah hal-hal yang paling bisa kita kendalikan.

Terkadang tampak bahwa menghindari tanggung jawab adalah cara termudah untuk merespons situasi yang menantang. Namun, ketika kita menghindari tanggung jawab, maka hal itu memungkinkan orang lain dan peristiwa akan mengendalikan hidup kita.

Dan tak lama kemudian, mengambil jalan yang tampaknya mudah untuk menghindari tanggung jawab menjadi sangat sulit. Karena, ketika kita lari dari tanggung jawab, maka kita sangat membatasi pilihan.

Tampaknya tidak adil jika harus bertanggung jawab atas situasi sulit yang bukan kesalahan kita. Namun, tanggung jawab itulah yang akan memungkinkan kita untuk bergerak maju secara positif melalui tantangan-tantangan itu.

Meski tanggung jawab bisa jadi sulit dan membutuhkan upaya yang besar, namun hal itu lebih merupakan peluang daripada beban. Karena dengan tanggung jawab, maka kita dapat menyuntikkan nilai positif dan motivasi nyata ke dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Ambilah tanggung jawab, dan gunakan tanggung jawab itu untuk memajukan dunia kita. Bertanggung jawab, dan ambil kendali positif.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *