Apakah Kita Merasa Takut

Apakah rasa takut menahan kita? Takut akan kegagalan? Takut akan kehilangan? Takut tidak mendapat pekerjaan? Takut tidak mendapat jodoh? Takut belum mendapatkan keturunan? Takut akan sukses? Atau takut akan hal yang tidak diketahui?

Sementara, sedikit ketakutan dapat memberikan dosis kehati-hatian yang baik dan sehat, ketakutan harus ditangani dengan cepat dan percaya diri. Karena jika tidak, hal itu akan sangat merusak.

Ketika kita takut akan sesuatu, jika kita memikirkannya, maka kita memberikan hal itu semakin banyak kekuatan. Hanya dengan memikirkan hal yang kita takuti, maka dapat menyebabkannya terjadi.

Itulah mengapa sangat penting untuk menaklukkan ketakutan kita sendiri. Dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah memasukkannya ke dalam perspektif positif.

Tanyakan pada diri sendiri “hal terburuk apa yang bisa terjadi?” Sering kali, ketakutan terbesar kita adalah rasa takut “terlihat buruk.” Hal ini benar-benar ketakutan yang konyol, tetapi itu menghentikan banyak orang menjadi dingin.

Atau mungkin ketakutan kita lebih substansial. Mungkin kita takut akan risiko finansial. Jika demikian, maka ketakutan kita mungkin mengatakan kepada kita untuk berhati-hati, dan jangan bodoh.

Cara melalui situasi ini adalah dengan melihat investasi potensial kita dengan hati-hati, lakukan “uji tuntas” untuk memastikan hal itu adalah situasi yang solid, berpotensi menguntungkan. Jarang ada keuntungan finansial tanpa risiko, tetapi itu tidak berarti kita harus mengambil risiko yang tidak perlu.

Mungkin kita telah mengevaluasi semua risiko, dan merasa nyaman pada tingkat intelektual, tetapi kita masih merasa takut. Sekali lagi, tanyakan pada diri sendiri, “hal terburuk apa yang bisa terjadi?”

Katakanlah bahwa hal terburuk yang bisa terjadi adalah kita akan kehilangan semua aset kita. Itu sangat buruk, tentu saja. Namun, ini bukan akhir dunia. Banyak orang yang sangat sukses telah kembali dari situasi seperti itu.

Intinya, ketakutan kita perlu diselesaikan. Semacam suka membuang sampah. Ketakutan menumpuk sebagai hasil dari kegiatan yang dilakukan.

Mereka adalah bagian penting dari kehidupan, tetapi jika mereka tinggal terlalu lama, maka mereka mulai benar-benar berantakan. Akui ketakutan kita, lalu hadapi, dan lanjutkan apa yang perlu kita lakukan.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *