Apa Yang Kita Ingat?

Ingatan kita tentang apa yang terjadi, bukanlah apa yang terjadi. Ingatan kita adalah kesan, interpretasi kita tentang apa yang terjadi, dan apa artinya itu bagi kita.

Setiap memori dapat dan memang berubah, saat kita mengingatnya. Awalnya tidak pernah sepenuhnya objektif, dan menjadi kurang seiring berjalannya waktu.

Memori kita bukanlah rekaman dasbor mobil polisi yang tidak dapat diubah. Ini adalah alat dinamis yang dengannya, masa lalu kita akan memandu masa depan kita.

Kita tidak dapat mengubah realitas objektif tentang apa yang terjadi pada kita, atau oleh kita, atau di sekitar kita. Namun, kita dapat memilih dengan tepat bagaimana kita mengingatnya, apa artinya sekarang, apa yang kita pelajari darinya, dan apa yang kita lakukan dengannya.

Kisah hidup kita adalah milik kita untuk ditulis, sekarang, untuk dipahami, untuk disatukan menjadi narasi yang menginspirasi dan memberdayakan. Apa pun masa lalu kita, maka kita dapat memproyeksikannya melalui lensa sekarang, ke masa depan yang positif dan memuaskan.

Hari ini adalah titik balik dalam kisah hidup kita. Hari ini, biarkan semua yang kita ingat mendorong kita menuju kehidupan paling cerdas, paling bermakna yang dapat kita bayangkan.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

1Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *