Lihatlah Ke Sekeliling Kita

Kita adalah diri kita sendiri. Kita juga merupakan produk lingkungan kita sendiri. Pikiran, tindakan, sikap, dan ambisi kita sebagian besar tergantung pada orang-orang dan situasi di sekitar kita.

Lihatlah rumah kita, halaman, meja dan hal-hal fisik yang mengelilingi kita. Apakah ia terawat dengan baik, rapi dan bersih? Atau apakah mereka berantakan dan rusak?

Jika kita ingin membuat hidup kita fokus, maka tempat yang baik untuk memulai adalah dengan menjaga barang-barang kita dengan teratur. Jika kita terus dikelilingi oleh kekacauan, ketidakrapihan, maka sangat sulit untuk tetap berada di jalur. Walaupun hal itu tidak terjadi pada orang-orang tertentu.

Lihatlah orang-orang yang berhubungan dengan kita. Apa yang mereka pikirkan? Kemana mereka pergi? Apa yang mereka baca? Kita jadi seperti apa? Kita perlu menempatkan diri kita di sekitar orang-orang yang akan memperkuat tujuan yang telah kita tetapkan untuk diri sendiri.

Orang yang akan menantang kita untuk menjadi yang terbaik, bukanlah orang yang akan membiarkan kita bertahan dengan menjadi biasa-biasa saja.

Carilah orang, kawan dan situasi yang kita cita-citakan, dan kaitkan diri kita dengan mereka. Sadarilah bahwa lingkungan kita memiliki pengaruh yang halus dan kuat pada kita. Pastikan kita mengelilingi diri kita dengan pengaruh positif.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *