Peluang Itu Selalu Ada

Pernahkah kita bertanya-tanya bagaimana beberapa orang bisa cukup “beruntung” berada di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat?

Ya, kita semua ada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Hanya saja beberapa orang tidak mengetahuinya, dan yang lain tidak siap untuk itu. Orang-orang yang kita sebut “beruntung” adalah orang-orang yang dapat melihat peluang dan siap untuk memanfaatkannya.

Setiap saat pasti selalu ada peluang. Bahkan di saat-saat paling suram, ada hal-hal yang perlu dilakukan. Orang-orang yang maju untuk melakukan hal-hal itu adalah yang “beruntung” yang dapat menikmati kesuksesan.

Peluang itu selalu ada, tetapi jarang terlihat jelas. Agar beruntung, maka kita harus belajar melihat situasi dan melihat peluang dimana orang lain tidak dapat melihat apa pun. Ini membutuhkan pikiran terbuka dan apa yang sekarang kita sebut sebagai pemikiran “out of the box”.

Ini mengharuskan kita melihat situasi dari berbagai perspektif, sepanjang waktu bertanya-tanya “bagaimana jika?” Itu membutuhkan sejumlah ‘detasemen’, sehingga kita dapat melihat situasi kita tanpa dibanjiri oleh emosi.

Dibutuhkan keberanian untuk mencoba sesuatu yang sama sekali baru dan kepercayaan diri untuk mengikuti jalan kita sendiri. Orang-orang yang “beruntung” juga adalah orang-orang yang siap menghadapi peluang.

Bersiap terutama membutuhkan disiplin. Disiplin itu tidak mudah. Hal ini mengharuskan kita melakukan upaya berkelanjutan dalam jangka waktu lama. Dibutuhkan kedisiplinan untuk mempelajari keterampilan baru, untuk mengumpulkan modal, dan untuk membuat kontak baru.

Dan ini adalah hal-hal yang perlu kita manfaatkan dari peluang yang kita temukan. Ingin beruntung? Buka mata kita untuk melihat peluang di sekitar kita, lalu disiplinkan diri kita untuk memaksimalkannya.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *