Saat Tak Ada Semangat Lagi

Ketika kita sudah mundur, tidak bersemangat lagi dalam sebuah usaha atau bahkan kurangnya motivasi, maka tanyakanlah pada diri sendiri. Apakah mereka mencoba untuk memberitahu kita?

Seringkali kemunduran dapat berubah menjadi kejadian yang sangat beruntung. Karena mereka mencegah kita dari melanjutkan dalam menyusuri jalan buntu atau sesuatu yang negatif.

Kemunduran terkadang memaksa kita untuk mengevaluasi ulang (muhasabah) strategi yang sudah kita buat. Dan hal itu akan selalu mengarah pada strategi yang jauh lebih berhasil.

Ketika sudah terjadi kemunduran, maka tantanglah diri kita ini untuk menemukan pesan-pesan positif di dalamnya. Tantang diri kita untuk temukan cara yang lebih efektif untuk bergerak maju, lebih dari itu.

Gunakanlah ia sebagai kesempatan untuk mundur (evaluasi) dan dapatkan beberapa perspektif positif untuk melangkah maju. Gunakanlah ia sebagai kesempatan terbaik untuk memperbaharui komitmen kita dan ‘menyetel’ kembali dengan arah tujuan kita.

Lihatlah, setiap kemunduran adalah sebagai salah satu langkah di jalan menuju sebuah prestasi. Kemudian, kembali ke jalan itu dengan strategi terbaru untuk menuju sukses, karena sukses lebih dekat daripada sebelumnya.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

4Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *