Jangan Tutup Kesempatan Bagi Orang Lain

Tak seorang pun dapat menolak atau mencampakkan kita, hanya karena mereka mengatakan tidak pada usulan dan pendapat kita.

Bukankah kita berhak memiliki pendapat sendiri, demikian juga mereka. Jangan menganggap apa yang ada dalam benak kita harus dapat disepakati oleh orang lain.

Bukalah kesempatan lebar-lebar dengan tidak menutup kesempatan bagi orang lain. Saat usul kita tidak disepakati, terbukalah pilihan lain bagi kita.

Mengiranya sebagai penolakan sama dengan mencampakkan diri kita dari kemungkinan yang lebih luas.

Tak seorang pun kuasa menolak suatu ide kecuali menambah kokohnya ide itu. Hanya bila kita memiliki pikiran yang sempit, ide itu akan gugur begitu saja. Bagai debu terhembus angin.

Seandainya hanya ada satu nada tercipta, betapa membosankannya semua komposisi. Bahkan agar kuat, bangunan pun harus terbuat dari batu bata yang tersusun selang seling. Sedangkan tikar tak bisa dianyam hanya dengan selajur lurus daun lontar.

Perbedaan bukan hanya melahirkan keindahan, tapi juga kekuatan dan manfaat bagi yang lain. Hanya mereka yang tak mengerti yang menganggapnya sebagai bencana.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *