Motivasi Ramadhan #1: Ramadhan Telah Datang

Di antara kekhususan bulan Ramadhan yang menunjukkan keutamaan bulan ini, yaitu Allah membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka, dan membelenggu setan-setan. Pada setiap malam di bulan ini Allah SWT membebasakan para penduduk neraka.

Di bulan ini juga terdapat lailatul qadr yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan dii akhir malam setiap Ramadhan, Allah SWT mengampuni dosa orang-orang yang berpuasa, sebagaimana hal ini diterangkan dalam beberapa hadits.

Rasulullah SAW juga terbiasa mengumumkan kepada para sahabatnya akan kedatangan bulan Ramadhan. “Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu”. (Muttafaqun ‘alaihi)

Allah SWT telah memilih bulan Ramadhan dengan keutamaan dan kekhususan dibanding bulan-bulan yang lainnya. Hal ini sebagai bentuk nikmat dan karunia Allah kepada para hambanya agar mereka bersemangat mendekatkan diri kepada Allah dan meninggalkan perbuatan yang dimurkai-Nya.

Ramadhan juga merupakan bulan penghiburan, dimana berkah orang-orang beriman ditingkatkan dan siapapun yang memberi makan orang yang berpuasa pada saat berbuka puasa, maka akan diampuni dosanya dan akan diselamatkan dari Neraka dan akan dihargai sama dengan mereka yang berpuasa, tanpa yang lain kehilangan sedikitpun pahala dari Allah SWT.

Beberapa sahabat bertanya kepada Nabi: “Tetapi beberapa dari kami tidak punya cukup makanan untuk diberikan kepada orang lain, yaa Rasulullah”.

Beliau menjawab dengan mengatakan: “Pahala ini adalah untuk siapapun yang menawarkan seteguk minuman. Namun, siapapun yang memberi makan orang yang berpuasa sampai dia kenyang, akan diberi minum dari air telaga Rasulullah di akhirat, setelah itu mereka tidak akan haus sampai mereka masuk ke Surga”.

Ramadhan adalah bulan dimana Allah SWT memberikan banyak keberkahan kepada para hamba-Nya dengan belas kasihan, pengampunan dan keselamatan tertinggi dengan pahala utama.

Selain itu, Allah SWT juga memberikan rahmat kepada mereka yang berbelas kasih kepada orang lain. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan menerima amal ibadah kita semua selama bulan Ramadhan, yang penuh berkah ini.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *