Motivasi Ramadhan #8: Ramadhan, Kesempatan Untuk Refleksi Diri

Saat-saat refleksi dan analisis diri, memungkinkan seseorang berkesempatan untuk mengenali kesalahan, kelemahan dan kekurangannya masing-masing.

Ramadhan adalah kesempatan besar untuk mewujudkan perubahan yang diinginkan dalam jiwa kita, kebiasaan kita, dan kehidupan kita; mengoreksi jalan kita dan naik menuju perbaikan.

Sesungguhnya, Allah tidak mengubah kondisi umat sampai mereka mengubah apa yang ada dalam diri mereka. Apakah kita punya pilihan selain meningkatkan dan memperbaiki situasi kita, sehingga kita dapat mengikuti jalan ke arah yang benar?

Ramadhan adalah kesempatan untuk meninjau kembali pikiran, keyakinan, sifat, kebiasaan, perilaku, dan tindakan seseorang.

Ini adalah kesempatan untuk meninjau kembali hubungan seseorang dengan sang Pencipta, Allah SWT.

Selain itu, hubungan dengan orang tua dan keluarga, saudara kandung, kerabat, keluarga, komunitas dan manfaat apa yang telah diberikan untuk Islam.

Ini adalah waktu untuk mempertanyakan dan menilai kekurangan dan bagaimana mereka dapat diperbaiki.

Setelah mengakui adanya kekurangan, seseorang tidak boleh ragu untuk mengubah dan memperbaiki masalah, karena itu adalah kesempatan terbaik untuk memperbaiki jalan seseorang dan untuk menegakkan petunjuk Allah SWT.

Ini merupakan kesempatan terbaik untuk meningkatkan perilaku sosial, menyelesaikan setiap keluhan dan perbedaan yang dimiliki seseorang dengan yang lain.

Putuskan untuk mereformasi apa yang ditemukan dalam kekurangan diri kita, bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan diri, di bulan Ramadhan yang lebih baik.

Dan ini adalah esensi dari kejujuran, tanda penerimaan Ramadhan, bulan terbaik dan mulia.

Memang, jalan yang dimulai dari makna bulan Ramadhan ini dan pelajarannya adalah jalan yang diberkahi Allah SWT.

Tentu saja, kebangkitan yang didasarkan pada kesadaran dan kesalehan diri kepada Allah SWT, adalah yang didasarkan pada fondasi yang kuat.

Semoga bulan Ramadhan menjadi basis bagi awal baru kita, dan fondasi dari kemajuan yang kita perkirakan.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *