Motivasi Ramadhan #16: Generasi Hebat Itu Lahir Dari Madrasah Nabi

Nabi SAW diutus Allah SWT sebagai Nabi dan Rasul. Bukan hanya itu, Nabi SAW juga seorang pendidik, yang membangun peradaban. Manusia-manusia Jahiliyah diubah menjadi manusia yang luar biasa, sangat hebat.

Menjadi generasi terbaik sepanjang sejarah umat manusia. Peradaban yang dibangun Nabi SAW dibangun di atas pondasi yang kokoh, akidah Islam. Dengan visi, misi dan tujuan yang melampui zamannya.

Jauh tertuju pada kehidupan masa depan, ribuan tahun berikutnya. Bahkan melampaui dunia. Matanya menatap dunia, tetapi tak bisa dilepaskan dari akhirat. Karena itu, padaban yang dibangunnya merupakan manifestasi dari penyatuan materi dengan ruh.

Dunia akhirat. Inilah falsafah yang membentuk masyarakat dan negaranya. Falsafah yang juga membentuk peradabannya. Karena segala aspek kehidupannya dibangun berdasarkan penyatuan antara materi dengan ruh.

Karena itu, kejujuran, integritas dan produktivitas adalah fenomena yang menjadi ciri khas peradaban agung ini. Islam dikaji sebagai sistem, yang diterapkan dalam lehidupan.

Bukan hanya teori Karena itu, hasilnya, dalam waktu singkat, lahir generasi yang luar biasa. Mereka merupakan Farsan Nahar (kestria pilih tanding di siang), malamnya mereka adalah Ruhbanal Lail (ahli ibadah di malam hari).

Itulah karakter mereka Karena mereka dididik dalam sistem Islam. Islam pun hidup di tengah mereka. Kepribadian mereka terbentuk bukan semata produk sekolah, tetapi juga sistem yang diterapkan saat itu, yaitu Islam.

Pengaruh Islam begitu luar biasa, karena ia adalah ideologi dan sistem kehidupan. Islam bisa begitu rupa pengaruhnya pada diri mereka karena memiliki metode baku belajar yang benar.

Pertama, belajar sampai yakin, jika terkait dengan masalah akidah. Kedua, belajar hingga mendalam. Dengan begitu, taraf intelektualnya akan naik, bahkan di level yang tinggi dan cemerlang

Ketiga, belajar untuk diterapkan, bukan sekedar teori, tanpa praktik. Karena Islam adalah sistem kehidupan, maka ketika Islam dipelajari tapi tidak diterapkan, akan sia-sia. Itulah rahasianya mengapa output pendidikan madrasah Nabi itu luar biasa? Karena tak sekedar belajar.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *