Pilihan Yang Disengaja

Setiap aspek kehidupan kita yang baik memiliki nilai karena kita punya waktu untuk mengalaminya, menikmatinya, bahkan memanfaatkannya. Tetapi, apakah waktu yang berharga dan tak tergantikan itu terkontaminasi?

Jika kita tidak membuat pilihan yang spesifik dan disengaja tentang cara menghabiskan waktu kita, maka hal itu akan diisi dengan cara yang tidak akan menguntungkan kita.

Kita akan membiarkan diri kita ini terbuka terhadap sumber gangguan kecil, gangguan besar, kegelisahan, kecemasan, bahkan hingga frustrasi yang tak terhitung jumlahnya.

Kita hidup dalam struktur fisik yang melindungi kita dari dingin, panas, hujan, angin, dan pengganggu lainnya yang tidak diinginkan. Waktu kita akan mendapat manfaat dari struktur pelindung yang serupa.

Ini adalah struktur yang dapat kita paksakan pada diri sendiri dengan memilih untuk melakukannya. Cukup putuskan, sebelumnya, bagaimana kita akan menghabiskan waktu kita, dan kemudian tetap dengan keputusan itu.

Berikan diri kita alternatif yang kuat dan meyakinkan untuk ‘omong kosong’ yang sembrono dan tidak berarti sama sekali. Dan kita tidak akan tergoda untuk menyia-nyiakan satu momen pun dari kehidupan kita yang kaya dan indah.

Dalam waktu kita, bangunlah ruang khusus yang kuat untuk hidup, untuk mencintai, untuk belajar, untuk mengalami dan mencapainya. Isi waktu kita dengan pilihan-pilihan yang disengaja, dan penuhi hidup kita dengan kebaikan, makna, dan substansi.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *