Ramadhan, Kedatangannya Selalu Dirindu

Cecep Y Pramana

Bulan Ramadhan, kedatangannya selalu dirindukan oleh setiap umat muslim yang beriman. Mereka akan berlomba-lomba mengejar pahala dan berkahnya bulan Ramadhan. Setiap kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Harus terus semangat mengejar target di bulan Ramadhan ini dengan lebih sempurna di banding ramadhan di tahun yang lalu.

Allah SWT menjanjikan limpahan kenikmatan, kebaikan dan pahala kepada kaum muslimin yang semangat dengan amalan-amalan ibadah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.

Kebaikan di bulan ramadhan sama dengan ibadah wajib di bulan lainnya. Dan Allah SWT melipatgandakan ibadah wajib di bulan ramadhan menjadi 70 kali lipat pahalanya dibanding bulan lain. Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmizi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Telah datang kepadamu Ramadhan. Bulan yang dipenuhi berkah. Allah Azza Wajalla mewajibkan kamu berpuasa padanya. Pintu-pintu langit dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, dan selama Ramadhan itu para setan dibelenggu. Allah memiliki satu malam dalam bulan Ramadhan yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan. Siapa yang dihalangi kebaikannya, sungguh ia tidak akan mendapatkan apa-apa”.

Keberkahan dan kebaikan selama bulan Ramadhan antara lain, diturunkannya Al-Qur’an, diwajibkannya berpuasa, di dalamnya ada satu malam nilainya lebih baik dari 1000 bulan, dibuka semua pintu surga, ditutup semua pintu neraka dan dibelenggunya setan serta diampunkannya dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Allah SWT langsung menjamin balasan orang yang berpuasa, karena ibadah yang satu ini lebih fokus membentuk karakter diri, seperti pengendalian hawa nafsu dan syahwat. Ada karunia lain yang dijanjikan bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan yaitu bau mulut orang yang berpuasa akan mengeluarkan wangi yang dahsyat di hari kiamat nanti melebihi wanginya kasturi.

Ada pintu surga khusus untuk orang yang melakukan shaum bernama “Rayyan”. Puasa menjadi syafaat di akhirat bagi yang melakukannya, sahurnya orang berpuasa diberkahi Allah SWT, selalu mendapatkan waktu sahur di mana waktu sahur itu adalah momen terbaik untuk istighfar pada Allah SWT serta puasa adalah menyehatkan fisik dan jiwa.

Semoga Allah SWT membimbing kita menjadi hamba-Nya yang Istiqomah dalam segala kebaikan, khususnya di bulan Ramadhan tahun ini dan tahun mendatang dan mengangkat derajat taqwa bagi yang menjalankannya.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *