Kerinduan Dengan Surga Allah SWT

Cecep Y Pramana

Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan Itulah kemenangan yang besar”. (QS An Nisaa’: 13)

Surga adalah tempat yang indah dan penuh dengan kenikmatan. Karena indahnya, maka tidak dapat terbayangkan oleh akal fikiran, tidak pernah dilihat mata dan tidak pernah terdengar telinga.

Surga disiapkan untuk orang-orang yang bertakwa kepadaNya, sebaliknya neraka disiapkan untuk orang-orang yang bermaksiat kepadaNya. Jika seseorang masuk ke dalam surga, maka ia akan hidup selama-lamanya, akan muda selama-lamanya, akan sehat selama-lamanya dan akan senang selama-lamanya.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kalian akan sehat dan tidak akan sakit selama-lamanya, kalian akan hidup dan tidak akan mati selama-lamanya, kalian akan muda dan tidak akan tua selama-lamanya, kalian akan senang dan tidak akan sengsara selama-lamanya.” (HR Muslim)

Surga adalah kenikmatan yang sempurna dan kesenangan yang sesungguhnya. Berbeda dengan dunia, saat senang disudahi kesedihan, saat hidup disudahi kematian, saat sehat disudahi sakit dan saat muda disudahi masa tua.

Namun, surga yang penuh kenikmatan ini tidaklah murah dan tidak mudah mendapatkannya. Tidak mungkin dengan berleha-leha dan santai begitu saja. Bahkan untuk memasuki surga kita akan di tes terlebih dahulu. Manusia dites atau diuji terlebih dahulu di dunia. Jadi, dunia yang kita jalani ini adalah tempat ujian, bukanlah tempat tujuan.

Manusia akan diuji di dunia ini agar nampak jelas siapakah di antara kita yang paling baik amalnya, yakni yang paling ikhlas dan paling sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya, dengan begitu kita dapat masuk ke dalam surga Allah SWT yang luasnya seluas langit dan bumi.

Sudahkah kita menjalani ujian ini dengan sebaik-baiknya, sudahkah kita memperbaiki amal kita, apakah amal yang kita lakukan adalah amal shalih atau sebuah kemaksiatan, apakah amal shalih yang kita kerjakan ikhlas karena Allah SWT atau tidak dan apakah amal shalih yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya atau tidak.

Semoga dengan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan maghfirah dari Allah SWT ini, menjadikan orang-orang yang beriman selalu melakukan amal shaleh yang diperintahkan Allah SWT dan RasulNya dengan sekuat tenaga dan penuh ikhlas juga keridhoan. Aamiin

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *