Ramadhan, Titik Penting Mencapai Kesalehan

Cecep Y Pramana

Setiap tahun, bulan Ramadhan datang dan pergi, sementara banyak yang tetap acuh, tidak mengetahui arti dari bulan yang diberkahi Allah SWT ini. Banyak yang tidak menerimanya dengan cara yang pas dan tidak memperlakukannya sebagai titik penting untuk mencapai kesalehan.

Meski Allah SWT dengan jelas menyatakan dalam Al-Qur’an: “Hai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu sebagaimana orang sebelum kamu berpuasa, agar menjadi orang yang bertakwa”.

Ramadhan bukan hanya momentum meningkatkan kesalehan pribadi, tetapi Ramadhan juga saat yang tepat untuk memperbaiki kondisi umat, berbagi kepedulian.

Dan, bukan rahasia lagi bahwa salah satu unsur kesalehan yang paling penting adalah pengabdian kepada Allah SWT dan puasa adalah salah satu tindakan paling penting yang menghasilkan ketulusan, karena itu hanya antara hamba dan Tuhannya.

Tak perlu dikatakan bahwa puasa yang menghasilkan kesalehan, tidak hanya berpantang dari makanan, minuman dan keinginan bernafsu yang merupakan manifestasi nyata dari puasa, tetapi tidak berdampak atau mempengaruhi kenyataan.

Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk memulai kebiasaan-kebiasaan yang baik itu. Sebab, pahala ibadah kita selama bulan Ramadhan dilipatgandakan Allah SWT.

Ramadhan, juga waktu yang tepat bagi orang tua untuk terus menjaga dan mendidik anak-anaknya supaya gemar berbagi, berinfak dan peduli terhadap sesama.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *