Satu Langkah Pada Satu Waktu

Prestasi luar biasa jarang datang dalam satu kesempatan. Mereka datang dari banyak langkah-langkah kecil, satu demi satu, hari demi hari, minggu demi minggu dan seterusnya.

Orang-orang sukses dalam kehidupan dapat memvisualisasikan tujuan mereka, tetapi itu benar-benar bagian yang mudah. Orang-orang sukses juga dapat memvisualisasikan jalan menuju tujuan mereka, serangkaian langkah di sepanjang jalan.

Itulah sebabnya perencanaan sangatlah penting. Kita harus belajar merencanakan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, jika kita akan mencapai tujuan akhir. Hal-hal besar tidak terjadi secara kebetulan.

Pencurian bukan sembarangan. Kita memerlukan strategi, juga rencana aksi. Kita perlu menyadari bahwa setiap hari adalah langkah di sepanjang jalan, dan untuk merencanakan setiap hari sesuai sesuai dengan yang diinginkan.

Kita semua diberikan 24 jam yang sama setiap hari, 7 hari yang sama dalam setiap minggu, 30 hari atau lebih yang sama di setiap bulan. Apa yang kita dapatkan dari waktu itu sangat tergantung pada seberapa baik kita merencanakan dan mengatur menit dan jam hidup kita.

Semua yang kita lakukan akan memiliki konsekuensi di ujung jalan. Kita tidak bisa lepas dari kenyataan itu. Yang dapat kita lakukan adalah memastikan tindakan kita hari ini, akankah mengarah pada konsekuensi yang kita inginkan.

Visualisasikan rantai hari yang tak terputus, yang merentang ke masa depan kita. Apakah semua tautan ada disana, atau apakah rantai kita hanya memiliki awal (sekarang) dan akhir (di mana kita ingin menjadi “suatu hari”)?

Jika kita melihat tujuan kita terjadi “suatu hari” daripada hari tertentu, maka itu “suatu hari nanti” “Mungkin tidak akan pernah datang. Melihat ujung jalan adalah langkah ke arah yang benar. Sekarang kita harus mengisi di tengah jalan. Apa langkah yang akan membawa kita ke tempat yang kita inginkan?”

Salah satu metode yang berguna adalah memulai dengan tujuan kita dan bekerja mundur. Katakanlah kita ingin berlayar ke seluruh dunia. Untuk melakukan itu, maka kita akan membutuhkan perahu/kapal dan banyak pengalaman berlayar.

Untuk mendapatkan perahu/kapal, kita akan membutuhkan uang. Untuk mendapatkan pengalaman, maka kita perlu mengikuti kursus pelatihan dan kru di kapal orang lain.

Untuk mendapatkan uang, maka kita harus menabung, berinvestasi atau melakukan pekerjaan yang disenangi setiap bulan. Untuk mengikuti kursus pelatihan, mak kita perlu melakukan riset dan melihat siapa yang menawarkan yang terbaik. Dan seterusnya.

Apa pun yang ingin kita lakukan, tujuan apa pun yang kita miliki, dapat dikerjakan mundur seperti ini, sepanjang jalan kembali ke hari ini.

Setelah kita mengerjakannya kembali, maka kita akan memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang perlu kita lakukan hari ini, besok, dan setiap hari sampai tujuan kita terwujud. Prestasi tidak datang dari sebuah angan-angan. Prestasi berasal dari sebuah tindakan. Sebelum kita dapat mengambil tindakan, maka kita perlu tahu apa tindakan itu.

Lihatlah dimana kita ingin berada, dan tata jalan untuk sampai ke sana. Lalu, ketika kita memulai setiap pagi, maka kita akan tahu persis kemana kita akan pergi. Lakukan langkah-langkah kecil tujuan kita, agar orang lain melihat dan merasakan yang kita kerjakan

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *