Cermin Renungan

Cecep Y Pramana

Terkadang, kita harus bercermin terhadap sikap dan tingkah laku kita sendiri sebelum berbicara dengan orang lain. Kemarahan terhebat seseorang, memperlihatkan sisi buruk dalam hidupnya.

Satu hal yang bisa kita berikan dan tetap disimpan adalah janji kita. Kebencian kita bisa menjadi kasih, apabila kita berbuat baik kepada orang yang bersalah kepada kita. Semakin banyak kita memperbaiki diri sendiri, semakin kurang kita mengkritik orang lain.

Sahabat adalah orang pertama yang datang ketika seluruh dunia pergi. Jika kita tidak puas dengan apa yang kita miliki, kita tidak akan puas dengan apa yang kita inginkan. Senangilah dan syukurilah apa yang telah kita dapatkan sekarang sambil berusaha mendapatkan apa yang kita inginkan di hari esok.

Tidak ada usaha yang gagal, sebab kegagalan adalah usaha untuk mencapai keberhasilan. Derita membuat kita berpikir, dengan berpikir akan membuat kita menjadi bijak, dan dengan kebijaksanaan membuat hidup kita lebih bermakna.

Kepahlawanan saja tidak cukup, sebab orang harus tidak menaruh rasa dendam kepada orang lain. Senjata ampuh untuk meredakan orang yang tinggi hati adalah dengan meninggikan dia setinggi-tingginya.

Hidup yang menghidupkan orang lain adalah hidup yang berharga. Tidak ada orang yang tidak berguna di dunia ini selama ia dapat meringankan beban orang lain. Dengan ilmu, kehidupan menjadi mudah, dengan seni kehidupan menjadi indah, dan dengan agama hidup menjadi lebih terarah dan bermakna.

Ujian terbesar di bumi ini adalah menanggung kekalahan tanpa putus asa. Meski kemasyuran harus diperjuangkan, tetapi kehormatan tidak boleh hilang. Jika menderita bersyukurlah, karena itu adalah pertanda kita masih hidup.

Berbuat tidak adil lebih memalukan daripada menderita ketidakadilan. Aku takkan pernah bertanya kapan aku mati, tapi aku selalu bertanya berapa banyak yang ku-dapat selama aku hidup. Karena aku selalu menyiapkan diri untuk menghadap pada-Nya

Cinta tidak hanya dilihat dengan mata, tetapi harus dipikir dan dirasa dengan hati. Apa yang kita kehendaki lebih dapat dicapai dengan sebuah senyuman dari pada dengan sebuah pedang. Jalan menuju kebahagiaan tidak selalu ditaburi oleh harumnya bunga mawar, tetapi penuh dengan duri dan pahit.

Jangan memanasi musuh sedemikian rupa, sehingga kita terbakar sendiri karenanya. Janganlah membalas dendam kepada musuh kita, sebab menyimpan dendam dapat menyebabkan kita lebih menderita dari lawan.

Seseorang disegani dan dihormati bukan karena apa yang diperolehnya, tetapi karena apa yang telah diberikan dan dilakukannya. Terus terang adalah sikap pahlawan, tetapi berani mengakui kesalahan adalah lebih kesatria.

Kerjakan ibadah-mu seberapa besar keperluan-mu kepada Allah SWT dan kerjakan dosa-mu seberapa besar kamu sanggup menahan azab (siksa) di neraka kelak. Tak ada masalah besar yang tidak dapat diselesaikan, seperti juga tidak ada masalah yang terlalu kecil untuk diabaikan.

Setiap orang percaya bahwa dirinya memiliki harapan-harapan yang lebih hebat. Tidak ada hal yang luar biasa yang dapat tercapai kecuali oleh orang-orang yang percaya dan yakin akan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam segala situasi, keputusan yang kita ambil saat ini akan mampu mengubah jalan hidup kita untuk selamanya. Perilaku kita sehari-harilah yang akan menentukan nasib kita sendiri, bukannya sesuatu yang kita lakukan sewaktu-waktu.

Jagalah tubuh kita dengan baik, sebab disitulah satu-satunya tempat dimana kita telah, sedang dan akan tinggal. Hakikat kebahagiaan hidup yaitu kita adalah sesuatu yang digunakan untuk tujuan yang mulia, kita menjadi orang yang berguna, dibutuhkan dan dapat menyenangkan hati orang lain, kita merupakan bagian dari kekuatan dan kebahagiaan alam, bukannya menjadi kekecewaan dan kesedihannya.

Seseorang mesti mundur selangkah kebelakang, untuk membuat lompatan yang lebih jauh. Hari kemarin adalah kenangan, hari esok adalah angan-angan, sedangkan hari ini adalah milik kita. Maka gunakan hari ini dengan sebaik-baiknya.

Hiduplah bagaikan lilin, ia rela hancur dan berkorban untuk menerangi kegelapan dan sekitarnya. Janganlah menjanjikan sesuatu yang tidak dapat kita lakukan, tapi jika sudah terjadi, usahakan untuk menepatinya, sebab kepercayaan sangatlah penting dalam persahabatan.

Kesalahan besar kita adalah mencintai materi dan memanfaatkan seseorang pada saat seharusnya kita memanfaatkan materi dan mencintai seseorang.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *