Carilah dan Temukan Sisi Baik Orang Lain

Cecep Y Pramana

Satu-satunya hal yang akan ditunjukkan oleh orang lain, bila kita memintanya, adalah sisi baiknya. Orang cenderung menutupi kelemahan atau kekurangannya. Orang selalu berharap kebaikannya bisa dirasakan oleh orang lain.

Bila kita memuji dengan tulus ikhlas tentang kebaikan seseorang, maka ia akan berbuat lebih baik lagi. Bila kita menunjukkan minat dan penghargaan pada karya seseorang, maka ia akan melakukan lebih bagus lagi.

Jadi, untuk apa kita mencari sisi buruk orang lain, lebih baik carilah dan temukan sisi baik dari orang lain. Ini bukanlah sebuah saran agar kita menjadi menyenangkan dan disukai oleh orang banyak.

Namun, agar kita selalu bertindak efektif, produktif dan efisien. Bukankah tujuan manajemen kita adalah menggali apa yang lebih baik dari organisasi kita?

Bila kita mencela lukisan anak TK, maka ia takkan menggambar lagi untuk kita. Bila kita mencemooh hasil kerja tukang batu, maka ia takkan memenuhi panggilan kita lagi.

Mencari dan menemukan sisi baik orang lain, bukan hanya sekedar memuji. Namun, memberikan sebuah kepercayaan penuh. Hanya orang percayalah yang mau mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Pada akhirnya, dengan mencari sisi baik orang lain, justru kita akan menemukan sisi baik kita sendiri. Yaitu, kita mampu menemukan hidup yang penuh kebaikan dan kepedulian.

Carilah sisi baik orang lain, maka kita akan mendapatkannya. Jangan cari sisi buruk orang lain, maka kita akan dijauhinya.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *