Rumah Pena MOTIVASI

Indahnya Ukhuwah Bertetangga

Cecep Y Pramana

Tak jarang, tetangga kita lebih tahu keadaan kita ketimbang kerabat kita yang tinggal berjauhan. Saat sakit dan ditimpa musibah seperti saat ini (pandemi covid-19), maka yang pertama kali membantunya adalah tetangga.

Dan Islam sangat menekankan kita untuk selalu berbuat baik kepada tetangga, berukhuwah kepada tetangga, bahkan bertetangga hingga ke surga.

Dan dampak ukhuwah yang baik adalah hubungan harmonis antar tetangga, mendatangkan maslahat yang begitu besar. Rasulullah SAW bersabda, β€œBarangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya”. (HR Bukhari Muslim).

Etika dan adab bergaul dengan tetangga selayaknya perlu diperhatikan, seperti; mencintai kebaikan untuk tetangga kita sebagaimana kita menyukai kebaikan itu untuk diri sendiri. Gembira jika tetangga mendapat kebaikan dan kebahagiaan, serta menjauhi sikap dengki.

Saat musibah melanda tetangga maka sebisa mungkin dapat membantunya, baik bantuan materi ataupun dukungan moril. Menjenguknya saat tetangga sakit dan mendoakan kesembuhan untuknya.

Memang tiada gading yang tak retak. Tidak ada manusia yang sempurna. Ada saja kekurangan yang melekat pada setiap diri kita. Latar belakang yang berbeda menciptakan pribadi yang berbeda.

Akhirnya, menjalin komunikasi positif dengan para tetangga serta selalu menjaga, menghormati hak bertetangga, hal itu menjadi bagian terpenting dalam menjaga ukhuwah bertetangga. Wallahua’lam

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *