Betah Bekerja di Perusahaan, Ini Alasannya

Cecep Y Pramana

Dalam dunia kerja, keluar masuknya karyawan itu sudah jadi hal yang biasa. Ada yang bertahan selama 3 bulan, 6 bulan atau setahun dengan berbagai alasan.

Namun, di sisi lain, ada juga yang sudah 5 tahun, belasan tahun, bahkan puluhan tahun bekerja di suatu perusahaan tapi masih saja betah bekerja di tempat tersebut. Mengapa karyawan betah bekerja di sebuah perusahaan:

Pertama, dekat dari rumah. Alasan karyawan betah bekerja di sebuah perusahaan, karena jarak rumah dari tempat dia bekerja yang dekat. Sehingga terasa mudah karena tak perlu perjalanan jauh untuk sampai ke tempat kerja. Hemat waktu dan hemat ongkos.

Kedua, suasana tempat kerja yang nyaman. Salah satu faktor penunjang karyawan betah lama di suatu perusahaan, salah satunya adalah tempat kerja yang nyaman. Lingkungan kerja yang nyaman dan aman bisa membuat kinerja kita jadi lebih baik.

Fasilitas perusahaan yang lengkap dan bersih juga bisa menambah kenyamanan dalam bekerja. Hal ini juga menunjang mutu dari perusahaan.

Ketiga, rekan kerja yang ‘asik dan menyenangkan’. Lingkungan kerja yang nyaman, ditambah teman kerja yang asik dan menyenangkan dijamin bakal membuat kita betah bekerja di suatu perusahaan.

Rekan kerja yang ‘asik dan menyenangkan’ buat diajak ngobrol dan bekerja sama bisa membantu meningkatkan produktifitas kita. Hal ini pula yang akan membuat kita semangat untuk datang bekerja.

Kalau ada dari rekan kerja yang ‘gak asik’, gak menyenangkan, pendendam, memusuhi teman kerja lainnya, dijamin akan mengganggu pula kinerja kita. Di tambah lagi, teman yang suka mengeluh, membicarakan teman kerjanya, cari muka di depan atasan atau bahkan suka suudzhan (berburuk sangka) akan membuat suasana kerja semakin tidak nyaman.

Keempat, gaji yang tinggi. Semua bakal setuju, jika gaji yang didapatkan terbilang tinggi. Dapat memicu semangat kerja. Apalagi ada bonus tambahan tiap kali perusahaan mencapai target penghimpunan. Walaupun hal itu tidak selalu jadi jaminan ‘paten’ apalagi tidak berkah.

Kelima, karir yang bagus. Sebagai karyawan pastinya tidak hanya mengharapkan gaji tapi juga jenjang karir yang bagus. Dengannya, karyawan akan bekerja dengan semangat dan lebih produktif sehingga karirnya bisa meningkat. Jika demikian, karyawan itu akan betah bekerja di perusahaan tersebut.

Keenam, malas pindah atau cari kerja yang baru. Ada juga tipe karyawan yang tidak mau ambil pusing. Daripada pusing cari kerjaan baru, lebih enak menikmati pekerjaan yang sekarang saja. Karena kerjaan baru, mesti adaptasi lagi, teman atau atasan baru lagi. Alasan ini yang jadi karyawan masih betah bekerja.

Ketujuh, belum dapat kerjaan baru. Zaman now, persaingan untuk dapat pekerjaan terbilang sulit. Kenapa? Karena banyak orang yang cari kerja. Jumlah lulusan tak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang ada.

Bisa jadi. Kita yang sudah lama melamar kerja sana-sini tapi tak kunjung dapat panggilan kerja, lebih baik pekerjaan sekarang yang ada di jalanin saja. Walau alasan ini ‘tidak masuk akal’ tapi faktanya itulah yang terjadi di dunia kerja.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *