Siapkan Fisik dan Ruhani Kita Sebelum Ibadah Umrah

Jangankan ibadah haji, ibadah umrahpun membutuhkan stamina tubuh yang fit. Thawaf dan sa’i keduanya mengandalkan kekuatan kaki kita untuk terus berjalan.

Belum lagi suhu udara di Mekkah yang terkenal panas dan terik, namun sebaliknya di Madinah, memasukin musim dingin. Karena itu siapkan fisik kita dengan sebaik-baiknya, sebelum masuk ibadah umrah

Pertama, plahraga rutin. Ini wajib dilakukan setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan untuk mempersiapkan fisik kita. Kita bisa melakukan jalan pagi setiap harinya. Karena banyak kegiatan ibadah umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki.

Kedua, vaksinasi meningitis dan influenza. Penyakit meningitis dan influenza tersebar melalui virus. Sejak tahun 2002 pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan vaksin terhadap dua penyakit tersebut untuk seluruh jamaah dari negara mana pun, baik yang endemik maupun tidak. Beberapa biro perjalanan umrah biasanya memasukan vaksinasi meningitis dan influenza ke dalam paket perjalanan.

Ketiga, general check up. General check up sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh Anda dalam kondisi sehat ketika menjalani ibadah haji dan umrah nanti. Dengan melakukan general check up Anda bisa melakukan antisipasi dan mengobati secara dini penyakit yang bisa saja timbul entah karena kondisi tubuh yang lelah atau lingkungan baru.

Keempat, membawa obat pribadi. Biro perjalanan yang membawa kita ke Tanah Suci pastinya membawa perlengkapan P3K untuk berjaga-jaga jika ada yang sakit. Ditambah di Mekkah banyak posko-posko kesehatan yang tersedia untuk menangani jamaah yang sakit di tengah menjalani obatnya. Tapi, kita juga harus membawa obat-obatan sendiri.

Khususnya bagi mereka yang penyakitnya mengharuskan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Guna membawa obat-obatan sendiri adalah agar kita bisa cepat mengobati gejala-gejala penyakit ringan sendiri. Obat-obat pribadi yang wajib dibawa meliputi minyak angin atau minyak gosok, obat diare, obat anti mabuk, obat influenza dan obat alergi.

Kelima, tinggalkan kebiasaan tidak sehat. Bagi mereka yang merokok, sebaiknya cepat-cepat menghentikan kebiasaan merokoknya. Di Mekah, dilarang keras untuk merokok.

Bahkan jika nekat merokok, maka Asykar atau polisi penjaga akan memberi hukuman dengan membayar dam atau denda yang telah ditetapkan. Kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan instan. Hal ini untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sampai hari keberangkatan tiba.

Keenam, istirahat yang cukup. Perbanyak istirahat sebelum perjalanan sangat disarankan bagi jamaah. Hal ini dikarenakan perjalanan dari Jakarta menuju Jedah membutuhkan waktu 9-10 jam. Pastikan sebelum perjalanan kita mendapatkan tidur yang cukup setidaknya 8 jam. Istirahat yang cukup membantu kita untuk tetap fit dalam menjalani ibadah.

Mempersiapkan fisik kita sebelum menjalankan ibadah umrah merupakan suatu keharusan yang dijalani oleh calon jamaah, agar tubuh kita tetap dalam keadaan sehat.

Minta doa restu dari orang-orang terdekat kita (orang tua, keluarga, sanak famili, tetangga, teman, dll) agar kita tetap sehat dan selamat sampai nanti kembali ke tanah air. Terakhir, tubuh yang sehat akan membantu kita khusyu menikmati dan menjalani rangkaian ibadah di tanah suci.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *