Hilangkan Penat dengan Arung Jeram di Citarik Sukabumi (1)

Matahari sore menunjukkan cahayanya bagi alam semesta, saat saya bersama teman-teman kantor (Divisi MS dan CRM) keluar kantor untuk berangkat menujuSELARAS ADVENTURE LAND di Kp Kota Batu RT 001 RW 01 Desa Sampora, KecamatanCikidang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Senin, 10 Desember 2017.

Saya pun melirik waktu di Smartphone SAMSUNG. Sudah pukul 15.50 WIB saat mobil Avanza yang ditumpangi jalan menuju pom bensin untuk mengisi bensin.Duduk di bagian depan Pak Rizqi RFH, Lilis Maesaroh (Mae), bagian tengah Anah Herlina (Anah), Sri Kusnayaini (Naya) dan Kurnia Putri Utami (Nia), sedang dikursi belakang Budiman dan saya sendiri, Cecep Y Pramana.

Sedangkan mobil Avanza yang satu lagi terdiri dari Driver Pak Bukhori, lalu ada Pak Cecep M Ismail, Seprian, Fitri Fauziah, Ricky AH, Elmo Juanara dan AbhyHikmatyar.

Rencananya bakda ashar akan langsung berangkat, namun apa mau dikata, harus menunggu. Diperkirakan perjalanan menuju lokasi, jika tidak macet akan ditempuh selama 5-6 jam menuju lokasi di Citarik Sukabumi.

Tak lupa, sebelum mobil Avanza berjalan, dilakukan doa perjalanan agar diberikan kelancaran dalam perjalanan menuju lokasi sungai Citarik. Di dalam mobil, kami semua terlihat enjoy, rileks, diselingi candaan dan lagu lagu pilihan anak muda. Perjalanan sore itu menuju Citarik sangat menyenangkan.

Setelah keluar dari tol menuju Ciawi, sepanjang perjalanan rombongan ikut menikmati guyuran hujan rintik-rintik hingga memasuki wilayah Cigombong dan berhenti di pom bensin karena ada beberapa anggota rombongan yang ingin buang air kecil.

Selanjutnya dalam perjalanan, kami semua ada yang bersenandung ayat-ayat Alquran, nyanyian dan lainnya, juga bersendau gurau ringan tentang perjalanan menuju lokasi. Selain itu kami juga ikut bersenandung mengikuti irama lantunan lagu, dari Radio AM/FM yang diputar untuk melerai rasa bosan sepanjang perjalanan menuju Citarik.

Mobil Avanza dengan driver Pak Rizqi pun terus berjalan mantap, menderas irama yang di putar hingga melewati daerah Cicurug menuju jalur masuk ke Cikidang. Kami pun berhenti di salah satu Masjid yang cukup bagus di pinggir jalan untuk melakukan shalat Maghrib dan Isya. Lanlu janjian ketemuan dengan mobil satunya di area pom bensin beberapa meter sebelum asuk ke wilayahCikidang.

Memasukin kawasan wilayah Cikidang, kami pun disuguhkan pemandangan indah yang banyak ditemui terutama ketika memasuki kawasan Citarik, dikiri kanan kami terlihat perkebunan Kelapa Sawit milik PTP VIII. Namun sayangnya, karena waktu sudah menujukkan pukul 19.45 WIB lokasi yang indah itu pun tak terlihat sama sekali.

Jalan yang berkelak-kelok menuju lokasi arung jeram Citarik seakan-akan menjadi arung jeram yang sesungguhnya sekaligus menjadi pemanasan sebelum melakukan tantangan mendebarkan yang sesungguhnya.

Pemandangan alam seperti perkebunan kelapa sawit, perkebunan teh, dan perkebunan karet pastinya menjadi salah satu daya pesona tempat rafting di Sungai Citarik Sukabumi. Namun, karena malam, keindahan tersebut tidaklah nampak tertutup gelapnya malam

Tepat pukul 21.12 WIB saya bersama rombongan tiba di lokasi SELARAS ADVENTURE LAND, tentunya dengan salah satu operator penyelenggara rafting sungai Citarik yaitu SELARAS.

Setiba di lokasi rombongan langsung menuju lokasi makan malam, ditambah pisang ambon kecil ditambah teh manis. Dan pastinya sangat cocok dengan lingkungan dan cuaca malam itu.

Setelah makan, Ketua Rombongan Pak Seprian menginformasikan kami untuk langsung berkemas untuk tidur di kamar yang sudah disediakan. Ada 3 kamar yang disediakan.

Esok paginya pukul 05.40 WIB, Divisi Marketing Strategi mengadakan Raker terkait kebijakan strategi di 2018 hingga pukul 07.10 WIB. Selanjutnya, sebelum diadakan Rafting, sarapan pagi yang memang sudah disiapkan oleh SELARAS.

Saya sendiri sudah siap dengan kaos lengan pendek, celana training pendek dan sandal gunung yang baru saja di beli di toko Selaras Adventure Land sehargaRp 65.000. Cukup murah dan kuat, jika dibandingkan beli di luar

Selanjutnya rombongan langsung dibawa menuju ke sebuah tempat dimana telah disiapkan pelampung badan, helm dan dayung sebagai bekal untuk mengarungi Sungai Citarik.

Tim dibagi dalam tiga kelompok dengan jumlah per kelompok terdiri dari 4 hingga 5 orang plus 1 orang instruktur.

Untuk perahu 1 berisi empat orang, yaitu Seprian, Fitri, Ricky dan Abhy dengan guide/instruktur Kang Cimonk. Untuk perahu 2 berisi empat orang, yaitu Pak Cecep, Nia dan Anah serta saya sendiri dengan guide kang Andi. Sedangkan perahu 3 berisi Pak Rizqi, Elmo, Budiman, Mae dan Naya dengan guide/instruktur Kang Batak (Rustandi)

Setelah lengkap memakai perlengkapan pengaman, rombongan terlebih dulu berfoto bersama dan  per divisi.

Di atas perahu karet, kami diberikan “briefing” singkat terlebih dahulu oleh pemandu. Di awali dengan informasi dari pemandu SELARAS yang memberikan tips jelang berarung jeram. Maju, mundur, geser kiri, geser kanan, buum…!!.

Untuk kata yang terakhir ini adalah posisi ketika kita menghadapi turunan jeram yang curam atau menghindari ranting pohon di pinggir sungai dengan cara menundukkan badan ke bawah dengan posisi tangan memegang ujung kayuh berada didasar perahu, ini gunanya supaya tidak terlempar dari perahu ketika akan bertabrakan keras dengan batu atau perahu lainnya serta untuk menghindari ranting-ranting pohon.

Kami lalu diminta duduk di pinggir perahu karet dan meletakkan kaki kami ditempat yang disediakan didalam perahu karet agar kondisi selalu stabil selama diombang-ambingkan arus sungai. “Mari kita berdoa dulu sebelum berangkat ya,” kata kang Andi pemandu perahu yang saya tumpangi.

Kami berlima pun khusyuk berdoa yang dipimpin oleh saya sendiri. Setelah doa selesai dipanjatkan, kami berempat pekikan takbir, “Allahu Akbar” sebanyak tiga kali yang dilanjutkan dengan aba-aba dari pemandu. “Siap berangkat,” kata kang Andi. “Siap, Allahu Akbar,” jawab kami semuanya.Berangkattttttt..majuuuuuu…

Demikian instruksi pemandu yang harus diikuti oleh peserta arung jeram saat menembus derasnya gemuruh air sungai Citarik.. Selanjutnya kami semua berdoadan bersiap untuk berangkat ke lokasi sejauh 5 km.

Bagi saya, ini pengelaman belasan kali melakukan Rafting (arung jeram) disungai Citarik bersama operator Selaras Adventure Land, salah satu operator dari operator yang ada di sungai Citarik. (Bersambung…)

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *