Teman Sejati

Oleh: Syamsu Hilal

Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya (menyesal), seraya berkata, ‘Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul.’ Kecelakaan besarlah bagiku, seharusnya aku (dulu) tidak menjadikan si fulan itu teman akrabku. Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al-Quran ketika Al-quran itu datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia” (QS Al-Furqan [25]: 27-29).

Ayat di atas adalah ungkapan penyesalan seorang Muslim di hadapan Pengadilan Allah SWT lantaran telah memilih teman akrab dari kalangan orang-orang fasik, munafik, dan kafir ketika di dunia.

Penyesalan seperti itu tak ada manfaatnya, karena diungkapkan pada saat musim panen. Seandainya penyesalan itu disadari ketika musim tanam, maka setiap kita dapat langsung mengganti tanaman yang tak berguna dengan tanaman yang bermanfaat.

Dalam Islam, teman bukan sekedar kawan duduk yang tidak menentukan nasib kita di akhirat. Rasulullah SAW membuat tamsil, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau membeli minyak wangi darinya. Kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harumnya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu. Kalau pun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya” (HR Bukhari dan Muslim).

Untuk itu, Rasulullah SAW memerintahkan memilih teman yang dapat mengingatkan kita kepada kehidupan akhirat. “Seseorang itu mengikuti agama teman dekatnya, maka perhatikan dengan siapa seseorang itu berteman akrab” (HR Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, “Secara umum, hendaknya orang yang engkau pilih menjadi sahabat memiliki lima sifat berikut; orang yang berakal, memiliki akhlak yang baik, bukan orang fasik, bukan ahli bid’ah, dan bukan orang yang rakus terhadap dunia” (Mukhtasar Minhajul Qashidin).

5Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *