Siap-siap, Ramadhan Berjuta Berkah Datang

Oleh Cecep Y Pramana

Siapkan diri kita karena tak lama lagi tamu yang mulia lagi terhormat, bulan Ramadhan akan datang menjemput. Ramadhan datang berjuta berkah yang akan membersihkan noda dan dosa dalam jiwa orang-orang beriman.

Ramadhan kekasih hati, ramadhan ku rindu, ia bagaikan darah segar yang dapat membangkitkan motivasi dan semangat yang mulai menurun. Ramadhan ibarat oase di tengah padang sahara, sebagai pelepas dahaga pengembara di bawah terik mentari.

Hanya orang-orang ‘yang tidak suka’ yang mengabaikan kehadiran bulan Ramadhan, bahkan mereka akan mencela, membenci dan menganggap sebagai penjara dunia dan jiwa yang mengekang hawa nafsunya. Tapi kita harus terus bersyukur, karena pastinya masih banyak kaum muslimin yang melaksanakan puasa Ramadhan.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan dalam menyambut berjuta berkah Ramadhan serta amalan yang disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Perbanyak doa kepada Allah SWT

Kebiasaan yang dilakukan generasi shalih, para sahabat Nabi SAW sebelum datangnya bulan Ramadhan dengan perbanyak doa. Di antara mereka ada yang berdoa kepada Allah agar dipertemukan kembali dengan Ramadhan, berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan dan pertolongan dalam melaksanakan ibadah seperti puasa, qiyamul lail, sshadaqah dan lainnya.

Bersuci dan bersih diri

Bersih berupa taubat nasuha dari segala dosa dan maksiat. Pantaskah menyambut Ramadhan yang agung dan mulia dengan keadaan kotor, menyambut Ramadhan yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya dengan gelimangan dosa. Shalat kita yang masih sering lalai, menahan diri dari segala yang mubah (makan dan minum) dan berbuka dengan sesuatu yang haram seperti hasil riba, suap dan harta haram lainnya. Karena itu sebelum pintu taubat tertutup, mari kita bersegeralah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya.

Mempersiapkan jiwa

Memperbanyak amal shalih, amalan terbaik ketika Ramadhan datang, memperbanyak puasa, zikir dan amalan terbaik lainnya

Pelajari hukum puasa dan petunjuk Nabi SAW

Hendaknya kita berilmu sebelum memahami dan mengamalkannya. Seperti mempelajari syarat diterimanya puasa, hal-hal yang membatalkan, perbuatan yang dibolehkan dan dilarang bagi yang berpuasa, adab-adab dan sunnah-sunnah berpuasa, hukum shalat tarawih, hukum yang berkaitan dengan orang yang memiliki udzur seperti mengadakan perjalanan, sakit, hukum yang berkaitan dengan zakat fitrah dan lainnya.

Program optimal di bulan Ramadhan

Sambut Ramadhan dengan persiapan optimal dan program-program Ramadhan agar kita mendapatkan keberkahan dan keutamaannya. Perbanyak ibadah shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, perbanyak tasbih, tahmid, takbir dan istighfar.

Lebih peduli nasib fakir dan miskin, berbakti pada kedua orang tua, silaturrahim, memuliakan tamu, menjenguk orang sakit dan ibadah lainnya untuk meraih kemuliaan dari Allah SWT, yaitu ‘Taqwa’ simbol sejati bagi hamba Allah yang senantiasa mengikhlaskan hati dan keimanan. Walaupun suasana terkait wabah, tetapi semoga Ramadhan tahun ini, Allah SWT tetap memberikan kebaikan dan keberkahan kepada kita semua. Aamiin.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *