Setelah Kita Yakin

Cecep Y Pramana

Begitu kita yakin, pasti kita akan berhenti berpikir, berhenti menggerutu, berhenti bertanya-tanya, berhenti menjelajah, bahkan berhenti mendengarkan. Apakah itu hal yang baik?

Setelah kita terkunci dalam kepastian, maka kita tidak lagi dapat terlibat dalam pertukaran yang bermakna. Yang tersisa hanyalah mengekspresikan kepastian kita, yang dapat dengan cepat menjadi membosankan dan dapat diprediksi.

Begitu kita yakin, maka imajinasi akan mengering, hancur, jatuh, dicegah untuk kembali. Apakah kepuasan sombong yang kita dapatkan dari kepastian kita, dan apakah hal itu sepadan dengan semua yang hilang

Adalah baik untuk memastikan bahwa tidak ada mobil yang datang sebelum kita menyeberang jalan raya. Namun, begitu kita menyeberang, maka yang terbaik adalah melepaskan kepastian itu, karena situasi yang kita yakini bisa berubah.

Jika kepastian kita akurat, jujur, maka hal itu bisa sangat membantu. Tetapi jika itu salah, maka hal itu bisa membuat kita pergi ke tempat-tempat yang mengerikan.

Tanyai kepastian kita, pertanyakan asumsi kita, terutama ketika itu diserahkan kepada kita oleh orang lain. Maka, pastikan bahwa kepastian kita tidak menghalangi kita dari kebenaran.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *