Berharap Pahala dan Ridho Allah SWT

Salah satu akhlak terpuji dan mulia di sisi Allah SWT adalah sifat kedermawan. Sifat ini merupakan himpunan dari kebaikan, kemurahan dan kekayaan jiwa. Orang yang dermawan ialah orang yang senantiasa mencurahkan kebaikan kepada siapa pun yang membutuhkan uluran tangannya.

Sifat dermawan merupakan salah satu kunci kebaikan dan mulianya dari setiap manusia. Mereka ikhlas dalam berderma dengan niat hanya keridhoan dari Allah SWT, bukan manusia, bahkan terkadang ia tidak berharap sekalipun untuk mendapatkan ucapan terima kasih dari orang yang telah ditolongnya.

Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih“. (QS. Al Insan (76) : 8-9)

Dengan jiwa yang bersih dan sinar keimanan yang kuat dari hatinya tersebut menyebabkan sifat kikir lenyap dan yang muncul kepermukaan adalah kasih sayang, kemurahan hati, dan kedermawanan. Dan orang yang dermawan memiliki keutamaan dan kebaikan yang didapatkan.

Pertama, dengan sifat dermawan, orang tersebut menjadi orang yang dicintai oleh Allah SWT. Kedua, dengan kedermawanannya orang akan lebih dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dan jauh dari neraka.

Ketiga, sifat dermawan akan mengantarkan seseorang masuk surga. Sifat dermawan secara langsung mendapat jaminan dari Allah akan ditempatkan disisiNya (QS. Al-Baqarah : 174). Keempat, Allah melipatgandakan pahala dan mengganti harta yang ia dermakan dengan yang lebih baik dan perhitungan yang lebih banyak (QS Al-Baqarah: 261).

Kelima, Allah SWT menjadikannya sehat lahir dan batin. Ia akan selalu ikhlas bersedekah untuk bertaqarrub kepada Allah agar terhindar dari kematian yang buruk. Keenam, Allah SWT akan menutupi aibnya.

Sebagai makhluk Allah SWT dan umat Nabi Muhammad SAW, mari kita berusaha menanam dan menumbuhkan sifat kedermawanan pada diri kita. Semoga Allah SWT berkenan menganugerahkan petunjuk, hidayah dan karunia juga ridhoNya kepada kita semua. Aamiin..

Klik “UPDATE LAPORAN PEMBANGUNAN MUSHOLLA QURROTA A’YUN

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *