Tujuan Pemahaman

Cecep Y Pramana

Inti dari setiap diskusi bukanlah untuk memperkuat ketidaksepakatan. Tapi inti dari setiap diskusi adalah bergerak ke arah pemahaman.

Tujuan komunikasi bukanlah untuk membuat setiap orang mengadopsi satu pandangan tertentu atau lainnya. Tujuan komunikasi adalah untuk mencapai hasil yang mempertimbangkan semua pandangan.

Kita tidak menang dengan berteriak paling keras. Kita menang dengan membangun rasa saling menghormati, kesopanan, Keadilan dan kerja sama.

Kita tidak menang dengan membuat orang lain terlihat bodoh atau munafik. Kita menang dengan mengurangi insentif bagi siapa pun untuk bertindak dengan kebodohan atau kemunafikan.

Setiap orang adalah kumpulan asumsi dan tidak ada asumsi yang sepenuhnya akurat. Interaksi yang paling bermanfaat dan menciptakan nilai terjadi ketika ada pengakuan yang tulus, di semua sisi, dari realitas itu.

Pemahaman dapat meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang mencarinya dan terlibat di dalamnya. Dengan kerendahan hati, empati, rasa hormat, maka biarkan hal itu menjadi tujuan kita.

0Shares

2 thoughts on “Tujuan Pemahaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *