Perbedaan Perspektif

Cecep Y Pramana

Apa yang kita katakan bukanlah apa yang orang lain dengar kita katakan. Apa yang kita dengar orang lain katakan bukanlah apa yang ingin mereka katakan.

Setiap orang memiliki berbagai lensa, filter, bias dan perspektif yang melaluinya mereka mengalami kehidupan. Ini adalah bantuan untuk memahami dengan mengingat hal itu.

Sebelum kita menganggap seseorang bodoh atau memuji seseorang sebagai jenius, tangkap diri kita. Gunakan kecerdasan dan energi kita untuk lebih memahami konten daripada memberi label sebelum waktunya pada sumbernya.

Kita tidak dapat melepaskan diri dari sudut pandang kita sendiri. Namun, kita dapat mengingatkan diri sendiri bahwa hal itu selalu ada.

Jika memungkinkan, dengan kata-kata kita sendiri ulangi kembali apa yang kita dengar dan tanyakan apakah kita memahaminya dengan benar. Berusahalah untuk mengklarifikasi dan lebih memahami sebelum kita membuat penilaian apa pun.

Kata-kata memiliki arti yang tepat, namun pengalaman dan konteks hidup dapat secara signifikan memperluas bahkan mengubah arti tersebut.

Berbicaralah dengan jelas, dengarkan baik-baik, kemudian sebisa mungkin melampaui kata-kata untuk menumbuhkan pemahaman yang benar dan bermanfaat.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *