Semua Akan Diuji

Cecep Y Pramana

Yang jahat akan diuji dan yang baik juga tak lepas dari ujian. Janganlah karena sudah merasa baik, lantas diri ini merasa tak pantas jika diuji. Walau kita sudah bersedekah, shalat berjamaah, shalat tahajud tak henti, namanya ujian tetap berlaku.

Segala amal ibadah bukanlah untuk menghilangkan ujian. Karena sudah rumusnya, setiap orang yang beriman pasti akan diuji Allah SWT. Lalu, apa peranan amal ibadah kita?

Amal ibadah bertujuan agar saat seorang hamba yang beriman diberi ujian, hatinya tetap tenang, karena yakin kepada takdir yang Allah SWT berikan. Yakin atas keputusan Allah SWT adalah yang terbaik. Dan di saat hati ini telah tenang menerima ujian, maka solusi akan mudah terlihat.

Jika seseorang tak biasa beribadah, maka saat ujian itu datang kepada dirinya, hatinya gundah gulana, gelisah tak terhingga. Pikiran kalut dan hati pun menjadi sempit.

Jangankan solusi, kesalahan diri yang menjadi sebab datangnya masalah, biasanya tak bisa dilihatnya, walau memakai kaca pembesar sekalipun.

Karena itu, janganlah menyesali ibadah yang sudah kita jalani, karena Allah SWT tetap akan mengujinya. Seharusnya kita menyesali saat tengah diuji, karena tetap saja tidak membuat diri ini mendekat dan beribadah kepada Allah SWT. Ini baru namanya rugi.
.

0Shares

2 thoughts on “Semua Akan Diuji

  1. Motivasi yg sangat bagus…menumbuhkan kesadaran diri…bhw kita sbg hamba harus iklas dlm setiap ujian yg diberikan Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *