Pertentangan

Cecep Y Pramana

Ketidaksepakatan bukanlah hal yang membuat orang jadi terpisah. Apa yang membuat orang terpisah adalah penolakan untuk mengakui, mengeksplorasi dan menyelesaikan ketidaksepakatan mereka.

Memang, dalam setiap ketidaksepakatan ada potensi kesepakatan dan kerjasama. Jalan menuju kerja sama itu adalah keterlibatan yang saling menghormati.

Fakta bahwa kita tidak setuju pada suatu masalah berarti bahwa pada tingkat tertentu sudah ada kesepakatan. Karena, kita dan pihak lain sudah setuju bahwa masalah itu penting.

Akui titik awal itu dan lanjutkan ke depan. Setuju bahwa kita tidak setuju tentang sesuatu yang berarti dan mulai temukan cara lain yang dapat kita setujui.

Ketidaksepakatan hanya mungkin terjadi jika ada, entah bagaimana, di suatu tempat dan beberapa kesamaan. Bertahanlah dalam mengidentifikasi dan menghormati kesamaan itu dan kemudian terus membangun di atasnya.

Jika kita benar-benar bersemangat dengan posisi kita, maka manfaatkan gairah itu secara positif. Lakukan pekerjaan sulit untuk menemukan dan menerapkan cara baru untuk setuju dan bekerja sama.
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *