Mengenal Nama-Nama Allah SWT Lewat Asmaul Husna

Cecep Y Pramana

Asmaul Husna adalah 99 nama, sebutan, sifat dan gelar Allah SWT yang agung dan baik. Dari seluruh nama Allah SWT yang Agung dan Mulia tersebut merupakan petunjuk bagi umat Islam untuk mengenal Allah SWT lebih dekat.

Selain itu, Asmaul Husna juga merupakan nama-nama Allah SWT yang Agung dan Mulia yang menyatu dalam kebesaran dan kemahadahsyatan nama-nama tersebut. “Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang mempunyai asmaul husna (nama-nama yang baik)”. (QS Thaa Haa: 8)

Penjelasan tentang Asmaul Husna juga dijelaskan Allah SWT dalam firmanNya, “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya”. (QS Al Ahzab: 41)

Anjuran untuk rutin melantunkan asmaul husna juga disampaikan Rasulullah SAW, “Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga”. (HR Bukhari dan Muslim).

Jumlah Asmaul Husna bukan hal yang terpenting dalam mengenal nama Allah SWT, melainkan mengenal hakikat zat Allah yang Maha Mulia lah yang paling penting. Sebab, sejatinya nama-nama Allah itu mencakup segala kebaikan dan kemahabesaran.

Survey: Kavling Eduwisata Granada Land
Survey: Kavling Nuansa Alam Pegunungan

Asmaul Husna tidak hanya menjadi sarana untuk mengenal dan memahami sifat-sifat Allah yang Maha Mulia, melainkan juga mengandung banyak manfaat bagi umat Islam. Dengan menyebut Asmaul Husna dapat bermanfaat bagi kehidupan dunia seseorang.

Banyak sekali keutamaan dan manfaat bila mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, membuka pintu rezeki. Terdapat beberapa nama yang menunjukkan betapa Maha Kaya Allah SWT. Seperti Al-Ghanniyu (Allah Maha Kaya) dan Al-Mughni (Allah yang memberikan kecukupan pada hamba-hamba-Nya).

Allah SWT yang akan memberikan rezeki kepada hamba-hamba-nya. Untuk itu saat berusaha mencari rezeki, harus dibarengi pula dengan doa yang tulus kepada Allah SWT. Salah satunya dengan rajin mengamalkan ibadah-ibadah sunnah seperti sholat dhuha dan rutin membaca mengamalkan Asmaul Husna.

Kedua, menenangkan hati. Dalam surat Ar Rad ayat 28, Allah berfirman, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Dengan mengingat Allah, maka hati akan menjadi lebih tenang dan tentram. Salah satunya dengan rutin mengamalkan Asmaul Husna. Karena terdapat banyak kemuliaan yang dapat menjadi pengingat bagi manusia.

Ketiga, menjadi takut kepada Allah. Dengan membaca Asmaul Husna, seseorang senantiasa mengingat Allah SWT. Ia akan semakin merasakan betapa Maha KuasaNya Allah. Hal itu membuat hatinya di penuhi dengan rasa takut jika harus berbuat maksiat.

Hal ini disampaikan Allah melalui firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 191, “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”.

Keempat, mendapat kemudahan urusan. Kehidupan tak pernah luput dari ujian dan cobaan. Untuk itu berserah diri kepada Allah SWT adalah jalan terbaik agar dapat melaluinya. Dengan memohon kepada Allah melalui Asmaul Husna, dan dilakukan dengan penuh pengharapan, niscaya Allah SWT akan memberikan kemudahan disetiap jalan yang dilalui. Meskipun terasa sulit, namun ia akan terus merasa optimis dengan apa yang dilakukannya. Karena ia yakin, Allah selalu membersamainya.

Kelima, menguatkan ingatan. Dengan rutin mengamalkan Asmaul Husna, tidak hanya baik untuk menambah keimanan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya memperkuat ingatan. Selain itu, senantiasa membaca Asmaul Husna akan menambak kecerdasan otak. Karena diantara nama-nama Allah SWT menunjukkan kekuasaan dan betapa Maha MengetahuiNya Allah SWT.

Keenam, jaminan masuk surga. Allah SWT memiliki sembilan puluh sembilan nama-nama indah atau biasa dikenal dengan Asmaul Husna. Apabila seorang muslim melafalkan serta memahaminya, maka akan dijamin masuk surga. Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga”. (HR Bukhari dan Muslim).

Setiap muslim dianjurkan untuk berdoa melafalkan Asmaul Husna. Seorang muslim berdoa melafalkan Asmaul Husna maka akan diberi rahmat oleh Allah SWT dan dijauhkan dari segala keburukan.

Muhammad bin Alwi al-Aidarus mengatakan, “Menyebut asmaul husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan asmaul husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah utang melainkan Allah tunaikan utangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan asmaul husna”.

Manfaat yang bisa didapatkan dari membaca dan memaknai Asmaul Husna adalah; mendekatkan diri kepada Allah SWT, membukakan pintu rezeki yang masih tertutup, menyembuhkan penyakit, sebagai jembatan menuju surga, senantiasa dilindungi Allah SWT, melancarkan aliran rezeki, diberi petunjuk oleh Allah SWT, sebagai kunci keberkahan di dalam hidup, dihindarkan dari segala kesulitan, menentramkan hati dan pikiran.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *