Rahasia Harmonis Rumah Tangga Melalui Komunikasi Efektif

Oleh: Cecep Y Pramana

Salah satu hal penting dalam membina hubungan rumah tangga agar tetap berjalan dengan harmonis adalah dengan komunikasi yang efektif antara suami dan istri.

Komunikasi menjadi poin penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan lancarnya komunikasi maka segala interaksi yang lain juga pasti akan berjalan baik.

Jika kita telusuri lebih dalam lagi, maka komunikasi merupakan salah satu nikmat besar yang dianugerahkan kepada kita. Karena dengan adanya komunikasi, kita lebih mudah dikenali dan dipahami.

Banyaknya kasus dalam rumah tangga, entah itu perceraian, perselingkuhan, ataupun Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), bermula dari komunikasi yang kurang baik dan efektif, yang memunculkan efek salah paham dan ketegangan. Akibatnya terjadilah hal-hal yang dapat membuat keretakan dalam rumah tangga.

Komunikasi yang baik merupakan pondasi bagi pernikahan yang sehat. Ada beberapa cara komunikasi yang bisa dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis. Pertama, menghormati perbedaan pendapat. Komunikasikan bersama setiap ada perbedaan pendapat tanpa perlu mengedepankan ‘ego’ masing-masing.

Dengan memahami setiap perbedaan pasti akan menemukan solusi yang dapat disepakati walaupun bukan yang terbaik. Kedua, menjadi pendengar yang baik. Seringkali orang lebih senang mendominasi pembicaraan ketimbang mendengarkan.

Padahal dengan mendengarkan kita memiliki ketrampilan komunikasi yang lebih baik daripada yang berbicara. Cobalah meluangkan waktu untuk mendengarkan pasangan kita. Ketiga, sabar. Salah satu poin utama dalam setiap hubungan rumah tangga adalah kesabaran.

Cobalah berbesar hati dan siap menerima apabila pasangan kita melakukan kesalahan dan memaafkannya, tentu saja komunikasikan permasalahan yang ada untuk menemukan solusi terbaik.

Dengan cara komunikasi efektif di atas rumah tangga kita akan tetap harmonis. Walaupun badai pasti akan tetap datang, namun jika kita dan pasangan dapat bekerjasama dan berkomunikasi dalam mengatasi masalah, tentu kita bakal segera melewati badai dan menemukan cahaya matahari yang terang.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana

4Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *