Tinggalkan Sikap Pesimis, Karena Dapat Menggelisahkan Hidup Kita

Allah SWT berfirman di dalam Alquran Surat Ar Rum ayat 60, “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalasikaph benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu“.

Orang yang bersikap pesimis dan tidak meyakini akan kebesaran Allah SWT, sering kali akan merasa bimbang dan gelisah apabila menghadapi gejolak hidup.

Bahkan, terkadang kebimbangan itu menjadi sebuah kekhawatiran yang mendalam yang akhirnya berujung pada sikap tidak percaya diri, mudah menyalahkan orang lain, dan ‘negatifnya’ terkadang tak jarang kita bertanya, “Apakah Allah adil sama kita?”. Astaghfirullah.

Tetapi sebaliknya, jika kita menyakini akan kebesaran Allah SWT, maka kita akan selalu bersikap optimis ketika dihadapkan pada ujian, rintangan dan selalu percaya diri, serta semangat hidupnya.

Hidup kita selalu penuh rona kegembiraan, bahkan segala urusannya dimudahkan Allah SWT, karena selalu yakin akan pertolongan dan jalan keluar dari-Nya.

Sebagian dari sifat seorang muslim yang tangguh adalah dia selalu yakin akan datangnya pertolongan Allah SWT dimana pun. Dan bila kenyataannya tidak sesuai dengan keinginan kita, maka yakinlah bahwa pertolongan Allah itu dekat.

Keyakinan seperti ini akan dapat menghalau kecemasan dan keputusasaan dalam hati kita, yang selalu dikobarkan oleh syaitan.

Dalam Alquran, setiap Allah SWT ‘berbicara’ tentang kesabaran, maka akan selalu diikuti dengan sebuah penegasan, bahwasannya janji Allah adalah benar dan jaminan jika Allah SWT tidak akan ingkar.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *