Tentukan Tujuan

Cecep Y Pramana

Jangan berasumsi hanya dengan mengidentifikasi masalah bahwa solusinya sudah jelas. Tapi lakukan pekerjaan untuk mengembangkan dan mengartikulasikan solusi itu.

Penting dan bermanfaat untuk menunjukkan apa yang salah. Namun, untuk memberi sebuah nilai nyata pada pengamatan kita, maka kita harus mendefinisikan dengan jelas apa yang akan membuat situasi menjadi benar.

Jika kita tidak bisa melakukannya, maka gali lebih dalam lagi atau lanjutkan. Tidak ada gunanya terus memikirkan masalah jika kita tidak dapat membayangkan apa yang harus dilakukan tentang hal itu secara khusus.

Untuk mencapai tujuan apa pun, maka kita harus terlebih dahulu memastikannya dengan jelas. Jika orang lain ingin bergabung dengan kita dalam upaya tersebut, maka mereka juga harus tahu persis apa yang ingin kita capai.

Daftar keluhan yang tidak jelas, tidak cukup untuk membuat hal-hal bergerak maju. Yang penting adalah apa yang ingin kita lakukan dan perbuat.

Tantang diri kita untuk mendefinisikan tujuan dengan cara yang dapat dikomunikasikan secara efektif dan dianut dengan antusias. Maka, kita sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadikan masalah itu sebagai masa lalu.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *