Belajar Dari Kesalahan, Ambil Pelajaran

Cecep Y Pramana

Bila kita tak pernah melakukan kesalahan, maka ada baiknya kita melihat lagi langkah kita itu. Karena bisa jadi kita tak melangkah setapak pun. Berdiam mematung.

Kesalahan memang tak mengenakkan. Namun, seorang yang punya motivasi dan optimis yang kuat, akan lebih banyak belajar dari kesalahan daripada keberhasilan.

Kesalahan dapat menuntun kita untuk mempelajari kembali sesuatu yang terjadi sebelumnya. Bukan hanya itu, kesalahan juga dapat memimpin kita untuk mengambil tindakan yang lebih baik lagi.

Kesalahan adalah kawan baik yang mengatakan secara ‘samar’ apa yang harus kita kerjakan. Ia menjadi pembisik dan kawan baik bila kita melakukan langkah-langkah yang keliru.

Colombus melakukan “kesalahan” yang besar dalam perjalanannya mencari jalur ke India, yaitu menemukan benua Amerika. Walau ia bukanlah orang pertama yang menemukannya.

Namun, bertahun-tahun kemudian, jutaan orang mengikuti “kesalahan” tersebut untuk menuai kemakmuran hidup mereka. Masihkah kita menganggapnya sebagai kesalahan? Berpikirkah kita dengan kesalahan yang dilakukan.

Lihatlah kesalahan apa adanya, tapi ambil pelajaran berarti di dalamnya agar tak terulangi. Jauhkan prasangka, kesedihan dan ratapan bila kesalahan menimpa kita. Karena, di balik kesalahan tersimpan kesempatan yang tersembunyi.

.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *