Siapkan Diri Menyambut Ramadhan

Setahun berpisah, kini Ramadhan akan kembali hadir di tengah-tengah kita. Bagi seorang muslim, tentu kedatangan Ramadhan disambut gembira dan penuh rasa syukur, karena Ramadhan merupakan bulan maghfirah, rahmat dan menuai pahala serta sarana menjadi orang yang muttaqin.

Ramadhan, waktu yang tepat untuk melihat segala kebutuhan kita dalam memulihkan kondisi, baik diri sendiri maupun masyarakat. Jangan sampai titik dhuafa terabaikan, yang justru menjadi sumber kelemahan bagi diri sendiri dan masyarakat.

Beberapa hal utama yang harus dipersiapkan umat muslimin semuanya menjelang Ramadhan. Pertama, persiapan ruhiyah. Dalam persiapan ini seorang muslim harus membersihkan hati dari penyakit akidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas.

Kedua, persiapan fikriyah. Yaitu membekali diri dengan ilmu agama terutama terkait dengan amaliah Ramadhan, sehingga ibadah benar-benar efektif. Seperti ilmu tentang kewajiban puasa, keutamaan puasa, syarat dan rukun puasa, hikmah puasa, yang membatalkan puasa, sunah puasa. Juga tarawih, iktikaf, zakat dan lainnya.

Ketiga, persiapan jasadiyah. Ramadhan, membutuhkan persiapan jasad atau fisik yang baik. Ramadhan juga menciptakan siklus keseharian yang berbeda dari bulan sebelumnya.

Sebagai muslim yang baik, harus tetap produktif dengan pekerjaannya meski dalam kondisi berpuasa. Persiapan fisik ini diperlukan karena seorang muslim akan melakukan ibadah dalam porsi yang lebih lama dari sebelumnya.

Keempat, persiapan maaliyah (harta). Persiapan disini bukanlah untuk membeli baju baru, menyediakan kue lezat dan lainnya. Justru di bulan Ramadhan ini kita memerlukan sejumlah dana untuk mengeluarkan zakat, memperbanyak infaq, sedekah, memberi ifthor (buka puasa) orang lain, membayar zakat fitrah dan untuk ibadah yang lainnya.

Kelima, persiapan yang harus dipersiapkan dengan baik menjelang Bulan Ramadhan ialah da’wiyah. Persiapan da’wiyah merupakan persiapan seseorang merancang kegiatan-kegiatan dakwahnya selama Ramadhan. Bisa berupa mengisi kultum tarawih, menjadi imam salat, juga mengisi kegiatan ramadhan lainnya.

Mari, kita semua menyambut bulan Ramadhan dengan gembira dan mempersiapkan diri untuk beribadah dengan optimal. Kita selalu berharap kepada Allah SWT agar ibadah kita diterima, tentu dengan ikhlas dan sesuai sunah Rasulullah SAW. Semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan dan dapat meraih berbagai keutamaan di dalamnya.
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *