Maafkanlah dan Rasakan Kekuatannya

Kelemahan orang lain bisa saja menular. Salah satu cara yang sangat baik untuk menangkap kelemahan-kelemahan itu untuk diri sendiri adalah dengan kebencian.

Dan cara terbaik untuk menghindari untuk mengambil kelemahan orang lain adalah dengan pengampunan. Pengampunan membebaskan kita untuk menjadi kuat dan untuk melihat ke depan.

Apa yang orang lain mungkin telah katakan, lakukan atau gagal melakukan, tidak dapat diubah sekarang. Apa yang dapat kita lakukan sekarang adalah untuk mulai bergerak melampaui rasa sakit dengan tulus pengampunan.

Dengan pengampunan, kita tidak lagi menjadi korban. Dengan pengampunan, kita dapay mengendalikan ‘takdir’ kita sendiri.

Pengampunan tidak berarti bahwa kita mendukung apa yang terjadi. Pengampunan berarti bahwa kita lebih besar daripada apa yang terjadi, dan cukup percaya diri untuk bergerak di masa lalu itu.

Memaafkan dan berhenti keracunan kehidupan kita sendiri dengan pelanggaran masa lalu orang lain. Memaafkan dan rasakan kekuatan integritas kita sendiri dan akan menjadi kebahagiaan tersendiri.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *