Syukuri Pekerjaan Kita, Jangan Banyak Mengeluh

Cecep Y Pramana

Apapun pekerjaan kita saat ini patut di syukuri. Terpenting hal itu adalah halal. Saat kita ingin mengeluh karena merasa terbebani atau hanya sekedar merasa bosan, maka selalu ingat bersyukur, karena di luar sana masih banyak orang yang sibuk mencari pekerjaan.

Fokus saja memberikan pekerjaan terbaik pada perusahaan, organisasi, lembaga atau tempat kita bekerja walau penghasilan yang diterima tidaklah banyak bahkan ‘memadai’. Terpenting, janganlah bekerja hanya karena ingin mendapatkan uang saja.

Syukuri apapun itu pekerjaan kita, selama hal itu bisa menghasilkan pendapatan/gaji yang halal. Selagi pekerjaan kita adalah pekerjaan yang baik dan benar, walaupun mungkin dimata orang, itu adalah pekerjaan hina dan kurang berbobot.

Bahkan di luar sana, masih banyak mereka yang mencari makan dengan cara yang tidak halal. Bekerja dengan menjadi penipu, korupsi, merampok, bahkan mencuri dan masih banyak cara yang salah lainnya yang mereka lakukan hanya demi mendapatkan uang.

Jangan merasa malas atas pekerjaan yang kita jalani. Jangan ‘angkuh dan sombong’ karena merasa sedikit kepanasan yang disebabkan AC yang kurang bagus. Bisa jadi diluar sana ada yang bekerja dengan berpanas-panasan dan kelelahan karena harus kesana kemari mencari pekerjaan.

Bukankah lebih lelah mereka ketimbang diri kita? Walau mungkin kita merasa gaji atau penghasilan tidak cocok dengan pekerjaan kita. Apapun pekerjaan kita dan siapa pun atasan kita, tetaplah bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan yang sudah ditugaskan.

Jangan mengeluh apalagi sampai menjelek-jelekkan di belakang, jika teman kerja kita tidak membantu pekerjaan yang kita lakukan. Lakukan saja apa yang jadi tugas kita, karena mengeluh berarti tanda kita kurang dewasa dengan pekerjaan yang diemban. Tidak juga hanya bekerja seadanya tanpa mempedulikan kualitas dan kemajuan untuk tempat kita bekerja.

Jangan hanya bekerja ala kadarnya yang penting dapat gaji, sebab dengan bersikap seperti itu dimana pun kita akan bekerja, maka tetap saja tak akan merasakan kebahagian atau tak bisa menikmati pekerjaan kita itu. Karena itu perbaiki niat dan ikhlas kita, maka akan datang kebaikan kepada kita juga.

Jangan pernah mengeluh dengan pekerjaan banyak yang datang pada kita, kerjakan saja dahulu apa yang bisa kita bisa kerjakan. Jangan banyak mengeluh, karena banyak mengeluh adalah tanda kita kurang mampu dalam pekerjaan tersebut.

Jangan terlalu banyak menonjolkan diri, merasa sangat dibutuhkan di tempat kerja tersebut, apalagi mengira bahwa pekerjaan itu sukses karena diri kita. Tapi, yang baik adalah pekerjaan itu sukses karena ada andil kawan-kawan kita lainnya, walaupun hal itu terlihat kecil.

Jangan menyalahkan teman kerja, jika ia tidak pernah dilibatkan dalam pekerjaan besar yang dilakukan, tapi meminta pertanggungjawaban dan laporan untuk kita. Yang baik adalah kita terus mengevaluasi dan introspeksi diri terhadap apa yang sudah kita lakukan. Jika hal itu dilakukan, maka kita akan mendapat penghargaan, karena kita dapat berjiwa besar.

.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: cepypram@yahoo.com

6Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *