Berencana dan Bertindak

Berpikirlah, tapi tidak berpikir yang berlebihan. Pertimbangkanlah, tapi jangan menganggap diri kita begitu banyak kegagalan untuk mengambil tindakan. Berencana dan bertindak adalah dua hal yang saling berkaitan erat.

Rencanakan, lalu persiapkan dan susun strategi, tetapi jangan berhenti sampai di situ. Lakukan apa yang telah kita rencanakan melalui tindakan.

Hal ini tidak cukup untuk berpikir bahwa kita harus melakukannya, berharap untuk melakukannya atau membuat rencana yang rumit untuk melakukannya. Lampaui saja perencanaan yang dangkal, lalu ambil langkah pertama dan langkah-langkah berikutnya, sampai pekerjaan selesai dilakukan.

Berpikirlah hal yang besar, sampai pada titik tertentu. Setelah titik tertentu, berpikirlah menjadi pengganti tindakan, karena ada banyak alasan untuk tidak mengambil tindakan tersebut.

Meskipun kita mungkin sangat terampil mengantisipasi apa yang akan terjadi, tapi lebih baik kita tidak pernah mengetahui pasti sampai kita benar-benar melakukan dan mengerjakannya. Jadi, berikan beberapa pemikiran untuk hal itu, kemudian lakukan lagi dan lagi.

Ya, karena hal itu sangat menyenangkan untuk membuat rencana besar. Namun jangan lupa, meskipun ada yang lebih menyenangkan yaitu melihat rencana tersebut datang untuk hidup melalui tindakan kita.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

.

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *