Ubahlah Definisi Kegagalan Kita

Ingatlah, bahwa kegagalan itu tidak bisa dihindari, tetapi hal itu bukan sesuatu yang harus kita abaikan begitu saja. Kegagalan itu baik untuk kita. Jadikan kegagalan sebagai alat atau batu loncatan, untuk membawa kita ke tempat yang kita inginkan.

Tidak mengapa kita merasa dikalahkan ketika hal itu terjadi, tetapi kalah dalam ‘pertempuran’ bukan berarti kalah dalam ‘perang’. Bangkitlah dari kegagalan bahkan keterpurukan yang sangat menyakitkan sekalipun.

Sudahkah kita menyebutkan bahwa kegagalan itu baik untuk kita. Mungkin kita sulit untuk berpikir seperti itu, tetapi mengubah definisi kegagalan dapat membantu kita mengatasinya.

  1. Kegagalan adalah bagian integral dalam perjalanan menuju kesuksesan dan realisasi diri.
  2. Setiap kali kita melangkah keluar dari zona nyaman dan setiap kali kita mencoba sesuatu yang baru, maka kegagalan menjadi tak terhindarkan.
  3. Setiap kegagalan akan membawa kita selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan kita.
  4. Kegagalan adalah guru yang hebat dan memungkinkan kita untuk mempelajari beberapa pelajaran hidup yang paling berharga.
  5. Setiap kegagalan membuat kita lebih kuat, lebih besar dan lebih baik lagi.
  6. Membuat kesalahan bukanlah masalah besar selama kita terus belajar dari mereka dan menghindari mengulanginya.
  7. Kegagalan mengajarkan kita bahwa pendekatan tertentu mungkin tidak ideal untuk situasi tertentu dan bahwa ada pendekatan yang lebih baik.
  8. Orang-orang sukses tidak akan pernah menertawakan atau menilai kita ketika kita gagal, karena mereka telah ada disana dan mereka tahu tentang pelajaran berharga yang dapat kita pelajari dari kegagalan.
  9. Tidak peduli seberapa sering kita gagal, karena kita tidak gagal selama kita tidak menyerah.
  10. Setiap kali kita gagal, maka ketakutan kita akan kegagalan menjadi lebih kecil, yang memungkinkan kita menghadapi tantangan yang lebih besar lagi.

Setiap kesalahan merupakan kesempatan belajar, dan setelah kita melewati emosi negatif kita, maka penting untuk meninjau kembali kesalahan kita dengan perspektif yang baru.

Lalu, lihatlah apa yang kita lakukan itu kembali salah, tetapi lihatlah juga apa yang kita lakukan itu benar, dan apa yang dapat kita lakukan dengan lebih baik lagi di lain waktu. Kegagalan jarang menjadi hitam dan putih. Tinggal bagaimana kiat memandang mereka berdua

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

.

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *