Lihatlah Kegagalan Orang Lain, Ambil Resep Suksesnya

Kegagalan itu universal. Jangan berpikir bahwa kita adalah satu-satunya orang yang sering melihat dan melakukan kegagalan. Kegagalan adalah kesempatan belajar dan tumbuh yang diperlukan untuk kesuksesan.

Seringkali kita melihat kesuksesan orang lain dan menganggap mereka memiliki segalanya, tetapi tahukah kita ketika pada kenyataannya adalah mereka juga mengalami kegagalan sama seperti orang kita.

Beberapa dari mereka yang suskses, lebih baik dalam menyembunyikan kegagalannya daripada yang lain. Sebelum kita mulai menampar diri sendiri karena tidak memukul sasaran, lebih baik jelajahi dunia kegagalan dan lihat seberapa besar itu sebenarnya pernah terjadi kepada mereka.

Orang sukses apa yang kita cari? Lalu lihatlah kegagalan yang mereka temui dalam hidup dan pekerjaan mereka. Lengkapi bacaan mereka untuk kita. Baca biografi, blog, tulisan, bahkan dengarkan pidato mereka.

Orang-orang sukses berbicara tentang kegagalan sama seperti mereka berbicara tentang kesuksesan, dan itu karena mereka menghargai betapa penting untuk merangkulnya.

Bahkan orang-orang terhebat di dunia kita telah jatuh, dan jatuh pada satu titik atau lainnya. Bahkan, teman dan keluarga kita juga pasti pernah merasakan gagal. Pikirkan tentang kegagalan yang mereka temui, lalu bangkit untuk maju dan ingatlah bahwa kita tidak sendirian.

Bukan untuk menunjuk dan tertawa, tetapi untuk menunjukkan pada diri sendiri bahwa kegagalan itu sebenarnya baik-baik saja. Karena kita ini manusia, sama seperti orang lain. Sama seperti mereka-mereka yang pernah mengalami kegagalan. Lalu, adakah pembelajaran yang kita petik dari mereka.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

.

2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *