Menjaga Kebersamaan, Keluarga Besar Ghuroba Adakan Halal Bihalal

Halal bi halal, sebuah tradisi kreatif khas masyarakat Muslim yang ada di Nusantara. Suatu kebiasaan positif yang hanya ada di Indonesia.

Halal bi halal muncul sebagai ungkapan saling memaafkan atas segala salah dan khilaf yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak atas sesama manusia.

Setiap orang sadar, pasti tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya lupa dan salah. Idul Fitri dengan kegiatan halal bi halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasinya.

Sebuah waktu istimewa untuk dapat bersilaturahim, saling menjaga dan saling mendoakan. Doa yang dianjurkan saat berjumpa, Taqabbalallahu minna awaminkum syiamana wasyiamukum (Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Hal itu pula yang menguatkan keinginan besar dari pendiri komunitas sosial keagamaan “Ghuroba” Kampung Melayu, yaitu Drs DH Al Yusni untuk mengadakan kegiatan sambung komunikasi sekaligus memperkokoh ukhuwah, dengan mengadakan kegiatan Halal Bi Halal (HBH), Sabtu 15 Juni 2019.

Acara yang bertempat di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur ini bertujuan guna menyatukan dan kumpul kembali seluruh keluarga besar Ghuroba bersama keluarga dalam kebaikan dan dakwah.

Pada kesempatan tersebut, pendiri sekaligus penggagas komunitas sosial keagamaan Ghuroba, Ustadz Drs DH Al Yusni memberikan siraman rohani tentang pentingnya menjaga semangat kebersamaan, istiqomah dan senantiasa memelihara doa dengan doa terbaik (doa ma’tsur).

Ustadz Al Yusni mengingatkan semua yang hadir agar tetap komitmen, penuh semangat dan selalu menjaga kebersamaan dalam kegiatan-kegiatan dakwah dan sosial keagamaan.

Ratusan peserta ikut hadir dalam kesempatan HBH Keluarga Besar Ghuroba tersebut, yaitu sebanyak 33 anggota Ghuroba beserta istri dan anak. Semoga kegiatan HBH Ghuroba ini jadi langkah awal menyatukan kembali seluruh keluarga besar Ghuroba Kampung Melayu.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *