Kebebasan Sejati

Saat kita ingin bebas untuk sukses, maka kita harus bersiap juga untuk gagal. Kebebasan sejati tidak membeda-bedakan, tidak mengunggulkan satu hasil dari yang lainnya.

Kebebasan sejati itu memberdayakan kita untuk menciptakan hasil yang didasarkan pada apa yang kita masukkan ke dalamnya.

Ketika kita menciptakan sebuah nilai, maka kebebasan memungkinkan kita untuk memiliki dan mengambil manfaat dari nilai itu. Ketika kita membuat kesalahan, maka kebebasan mengharuskan kita untuk membersihkan setelah kesalahan itu.

Kebebasan itu sangat berharga, dan ia merupakan cara yang kuat untuk hidup. Tapi bukanlah kebebasan yang menabrak banyak aturan-aturan yang telah dibuat.

Mereka yang tidak memilikinya akan mendambakannya terus-menerus, rela membayar hampir semua harga untuk mendapatkannya.

Tetapi kebebasan bukanlah sebuah perjalanan gratis. Kebebasan ada hanya ketika mereka yang memilikinya bersedia memikul tanggung jawabnya yang kuat dan serius seumur hidup.

Kebebasan dijaga agar tetap hidup dengan hidup yang bertanggung jawab, penuh hormat, dengan menggunakan kebebasan itu untuk memberi manfaat bagi diri kita dan orang lain.

Manfaatkan kekuatan kita, lalu penuhi tuntutan kebebasan, dan bantu untuk menyebarkan anugerah kebebasan jauh dan luas dengan nilai-nilai positif.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *