Selamat Datang Kritik

Oleh: Cecep Y Pramana


Ketika kita tulus dalam sebuah upaya positif, maka kita tidak perlu takut pada kritik. Karena ketika kita tulus, harusnya kritik dapat membuat kita lebih kuat dan lebih efektif.

Dengarkan dengan penuh semangat kepada mereka yang tidak setuju atau berseberangan dengan kita. Berusahalah untuk sungguh-sungguh memahami perspektif mereka.

Jangan terjebak dalam kebutuhan untuk membuktikan bahwa kita benar. Alih-alih, berfokuslah pada pemahaman yang lebih sepenuhnya tentang apa yang benar, apa yang bisa dilakukan, dan apa yang terbaik untuk semua orang.

Kesediaan untuk terbuka terhadap sebuah kritik adalah salah satu tanda paling pasti bahwa kita berada di jalur yang sukses dan otentik.

Jika kita merasa perlu untuk menghindari atau mengabaikan kritik, mungkin saja sudah saatnya untuk mengevaluasi kembali upaya yang kita lakukan.

Menanggapi keraguan orang lain secara cerdas akan mengurangi keraguan kita sendiri dan membantu kepercayaan diri kita tumbuh. Dari kritik, kita dapat memperoleh banyak informasi berharga dan berguna, bahkan teman.

Selamat datang kritik, dan tanggapi dengan rasa terima kasih yang tulus, jangan dibawa memakai perasaan. ‘Ditantang’ adalah salah satu pengalaman paling memperkaya yang bisa kita miliki.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *