Di Tengah Ketidaksempurnaan

Oleh: Cecep Y Pramana

Selalu harapkan yang terbaik, tapi jangan berkubang dalam keputusasaan, ketika acara tidak terbuka seperti yang kita harapkan. Dorong ke arah kesempurnaan, tetapi jangan biarkan diri kita dilumpuhkan oleh hasil yang tidak sempurna.

Faktanya adalah, hal-hal sulit, tak terduga, dan mengecewakan akan terjadi. Bahkan, dengan rencana terbaik sekalipun, persiapan yang paling jitu, kenyataan sering kali gagal memenuhi harapan.

Ketika upaya kita untuk mendapatkan hasil yang baik, maka biarkan hal itu menginspirasi kita untuk melakukan lebih banyak lagi. Dan ketika hasilnya tidak memenuhi harapan kita, maka biarkan hal itu menginspirasi kita sama banyaknya.

Menjadi kecewa dapat bermanfaat dalam jangka pendek, tetapi pastikan hal itu tidak berubah menjadi keputusasaan dalam jangka panjang. Segera setelah kita merasakan kekecewaan, lebih baik gunakan hal itu sebagai isyarat untuk memulai dorongan baru yang positif.

Lakukan semua yang dapat kita lakukan, dan kemudian terimalah kenyataan dari semua yang terjadi. Lakukan kontrol yang rajin terhadap hal-hal yang dapat kita kendalikan, dan tolak frustrasi atau kehilangan semangat oleh yang lain.

Hidup tidak akan selaras atau sempurna dengan apa yang kita inginkan atau bayangkan, tapi tidak apa-apa. Karena kita selalu dapat melakukan yang terbaik, selalu membuat segalanya lebih baik, dan terus hidup dengan sangat baik di tengah semua ketidaksempurnaan.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *