Kehilangan

Oleh: Cecep Y Pramana

Sebenarnya sangat konyol untuk takut bahwa kita kehilangan sesuatu. Karena setiap hari, hari demi hari, kita kehilangan lebih dari sembilan puluh sembilan persen dari semua yang terjadi.

Jauh sebelum kita dilahirkan, dan berlanjut hingga saat ini, kita telah kehilangan kesempatan. Meski begitu, dengan semua yang telah kita lewatkan, maka kita telah berhasil memiliki beberapa pengalaman yang menakjubkan, positif dan memuaskan.

Bayangkan, kita entah bagaimana bisa mengalami segalanya, memiliki segalanya, bahkan setiap saat. Pikirkan, betapa sedih dan kosongnya hal itu.

Jika kita dapat melakukan segalanya, maka tidak ada yang memiliki makna khusus. Justru karena kita tidak dapat berpartisipasi dalam segala hal, maka memungkinkan hal-hal yang dapat kita lakukan, memiliki nilai.

Alih-alih mengkhawatirkan apa yang kita lewatkan, lebih baik ikhlaskan untuk sepenuhnya menjalani semua yang kita miliki, di sini, sekarang juga.

Jadikan apa pun yang kita lakukan sangat berharga, sangat berarti, sehingga kita senang melupakan semua kemungkinan lain untuk menyelesaikannya. Kita pun bisa melakukan banyak hal. Pahami dan rayakan betapa mampunya kita bisa melakukan hal itu.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *