Alasan Yang Jelas

Oleh: Cecep Y Pramana

Hanya karena sesuatu itu baru, tidak segera membuatnya lebih baik. Hanya karena sesuatu memiliki harga yang lebih tinggi, bukan berarti hal itu lebih diinginkan.

Hanya karena kita tidak setuju dengan seseorang dalam satu masalah, tetapi tidak membuat orang itu salah tentang segalanya. Hanya karena semua orang setuju, tidak membuat sesuatu itu menjadi benar, atau benar.

Sangat mudah untuk menyederhanakan, membuat generalisasi, untuk mendasarkan tindakan kita hanya pada asumsi. Namun, lebih baik menggunakan alasan, upaya mental, sebuah pengalaman, dan kedisiplinan.

Sebelum kita mengambil sebuah kesimpulan, maka kita mungkin akan menyesal, berhenti, tenang, dan kumpulkan pikiran kita. Ambil beberapa langkah mundur dari masalah ini, lalu letakkan dalam perspektif positif, dan lihat gambar yang lebih besar.

Perhatikan fakta objektif dengan baik, tanpa memihak. Evaluasi konten dari apa yang dikatakan selain dari pendapat kita tentang orang yang mengatakannya.

Buatlah sebuah alasan yang jelas untuk tujuan kita, tidak menunjukkan seberapa cepat atau pintar atau ‘sombongnya’ kita. Biarkan kebenaran dan kegunaan menjadi kesimpulan yang paling kita inginkan.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *