Mendengarkan Dengan Baik

Cecep Y Pramana

Ketika kita mendengarkan orang lain berbicara, maka benar-benar dengarkanlah. Ketika kita mendengarkan, maka berusahalah untuk memusatkan perhatian kita bukan pada pikiran-pikiran yang kita kenal, tetapi pada pikiran-pikiran baru yang disajikan kepada kita.

Mendengarkan yang efektif itu sulit, ia menuntut sebuah usaha. Ini sangat menghargai upaya. Ketika kita mendengarkan dengan baik, maka kita dapat memperoleh pengalaman dan kebijaksanaan hebat dengan cepat, dalam bentuk terkonsentrasi.

Mendengarkan dapat mentransfer pengetahuan yang sangat bagus dari pikiran orang lain ke dalam pikiran kita sendiri. Beri banyak pikiran kita peluang untuk berkelana, tetapi tidak saat kita mendengarkan orang lain berbicara.

Kesempatan mendengarkan terlalu berharga, bahkan untuk disia-siakan. Mereka yang berbicara kepada kita menawarkan untuk berbagi perspektif, pemikiran, pengalaman yang unik dengan kita.

Terima kasih atas tawaran itu dan jangan mencairkan nilainya dengan menghabiskan seluruh waktu memikirkan apa yang akan kita katakan sebagai balasan.

Ketika kita mendengarkan, maka ingatlah untuk mendengarkan dengan rasa syukur, rasa hormat dan perhatian. Kembalikan upaya untuk mendengarkan dengan baik dan membawa nilai-nilai baru ke dalam hidup kita yang akan selalu menjadi milik kita.

Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *