Gajah di Pelupuk Mata Tak Terlihat, Semut di Seberang Lautan Kelihatan

Salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan namun beresiko tinggi adalah mencari cari kesalahan orang lain. Kenapa menyenangkan, karena perbuatan itu dapat membuat orang yang melakukannya jadi terlena dan lupa tentang kelemahan yang ada pada dirinya sendiri.

Sedangkan disebut bersiko tinggi, karena perbuatan mencari-cari kesalahan orang lain tersebut dapat menimbulkan permusuhan, sehingga membuat rusaknya hubungan tali silaturrahim yang telah terjalin dengan baik.

Karena itu, janganlah kita memberi kesempatan dan ruang yang luas bagi gerak hawa nafsu dalam diri kita ini untuk bisa berbuat semaunya. Sebab, jika hawa nafsu ini kita beri kesempatan dan ruang yang luas, maka dia kelak akan menguasai diri kita.

Jika diri ini sudah dikuasai hawa nafsu, maka pandangan dzahir dan batin kita akan tertutup dengan kuat. Hal itu berakibat diri kita tidak bisa melihat sisi kebaikan yang ada pada diri orang lain. Yang ada dan tampak oleh kita hanyalah sisi keburukan, kejelekan dan kelemahan orang lain saja.

Begitulah cara kerja hawa nafsu. Ia paling pandai dalam berkamuflase, juga pintar dalam memutar balikkan fakta atau sebuah keadaan. Yang semula tidak kita sukai dapat berubah menjadi sangat kita senangi atau sebaliknya. Hawa nafsu selalu akan selalu berusaha untuk mengajak kita menjauhi Allah SWT.

Jika kita biarkan ia berkembang di dalam hati dan pikiran kita, karena dapat membuat kita menjadi orang yang sangat gampang iri hati. Dan orang yang telah dikuasai oleh hawa nafsunya, biasanya cenderung ingin selalu menang dan merasa benar sendiri.

Mereka yang terkena virus hawa nafsu, ibarat orang yang bisa melihat dengan jelas seekor semut di pulau seberang, tetapi seekor gajah yang berdiri tegak di depan pelupuk matanya tidak terlihat. Semoga, Allah SWT selalu menjauhkan kita semua dari penyakit hawa nafsu ini.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *