Bersabar Saat Ujian dan Cobaan Menyapa Kita

Janganlah berkecil hati atau kecewa jika Allah Yang Maha Pemberi Karunia menyapa kita dengan cara mengirimi berbagai cobaan. Terimalah cobaan itu dengan hati yang lapang, luas dan senang, karena iman di dalam dada.

Sebab, aslinya ketika kita dikirimi sebuah permasalahan, maka sesungguhnya pada saat itu Allah SWT hendak menunjukkan bagaimana besarnya perhatian dan cinta kasihNya kepada kita.

Karena itu, bukalah pintu kesyukuran dan pintu prasangka baik kepadaNya seluas-luasnya, agar kita dapat menerima segala ‘ujian’ itu dengan rasa senang, ikhlas dan ridha.

Dan setiap cobaan yang menghampiri kita, dimana pun kita berada, sebenarnya adalah bentuk lain dari wujud cinta Allah SWT kepada kita semua. Lewat ujian dan cobaan itu, sesungguhnya Allah SWT ingin menaikkan kedudukan kita di hadapan para makhluk lainnya beberapa derajat.

Dengan datangnya ujian dan cobaan itu, Allah SWT dapat mengetahui dengan jelas, bagaimana kualitas iman kita kepadaNya. Karena itu, bergembiralah manakala Allah SWT menyapa kita dengan berbagai bentuk ujian, musibah, atau cobaan.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *